Redesain UI/UX Website VIX Studio dengan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.70052/jka.v3i3.1083Keywords:
UI/UX, Pengalaman Pengguna, Design Thinking, Usability, VIX StudioAbstract
Kualitas pengalaman pengguna (user experience) yang baik memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan suatu website sebagai media layanan digital, termasuk pada website VIX Studio. Website dengan desain yang kurang optimal dapat menghambat pengguna dalam mengakses informasi dan layanan, serta menurunkan tingkat kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna melalui proses perancangan ulang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dengan pendekatan Design Thinking. Metode ini terdiri dari lima tahapan utama, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test, yang dilakukan secara iteratif dan berpusat pada kebutuhan serta perilaku pengguna. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap pengguna aktif untuk mengidentifikasi permasalahan yang mereka alami saat menggunakan website. Tahapan selanjutnya mencakup perumusan masalah, pengembangan solusi desain, pembuatan prototipe, serta pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan analisis penyelesaian tugas (task completion). Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan skor SUS menjadi 81, yang termasuk dalam kategori acceptable, mencerminkan perbaikan signifikan pada aspek kemudahan penggunaan, efisiensi, dan daya tarik visual. Dengan demikian, pendekatan Design Thinking terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas UI/UX dan pengalaman pengguna secara keseluruhan pada website VIX Studio.
User experience quality plays a crucial role in determining the effectiveness of a website as a digital service medium. The VIX Studio website was considered suboptimal in terms of visual appearance, navigation, and accessibility of information, which affected user satisfaction. This study aimed to enhance user experience quality through the redesign of the user interface (UI) and user experience (UX) using the Design Thinking approach. The research was conducted through five main stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. Data were collected through interviews and observations to identify the main problems encountered by users. Based on these findings, the author developed design solutions focusing on simplifying navigation, improving visual consistency, and adding interactive features. The developed prototype was evaluated using the System Usability Scale (SUS) method and usability testing through the Maze platform. The results showed an increase in the SUS score to 81, categorized as excellent, demonstrating that the implementation of the Design Thinking method effectively improved usability, visual appeal, and overall user satisfaction with the VIX Studio website.
References
M. D. Firmansyah and H. Herman, “Perancangan Web E- Commerce Berbasis Website pada Toko Ida Shoes,” J. Inf. Syst. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 361–372, 2023, doi: 10.37253/joint.v4i1.6330.
T. Yuwono, I. Rachmawati, and L. Ernawati, Berpikir Desain Inovatif, no. December 2022. 2022.
F. Ahmad Faizal, A. Malik Ibrahim, and O. Mega Silvia, “Perancangan Ulang Identitas Visual Rumah Makan Padang Sabana Kapau Di Kota Bandung,” J. Kreat., vol. 3, no. 01, pp. 17–21, 2021, doi: 10.53580/files.v3i01.27.
D. Putra, “Evaluasi User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Sus (System Usbility Scale) Pada Websitependaftaran Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang,” Tek. Inf., pp. 1–25, 2021.
R. Irfani, “Perancangan User Interface Website ‘Si Dimas’ Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, pp. 2084–2087, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i3.7106.
S. Gembong, Design Thinking Pembelajaran Geometri, no. 85. 2023.
O. Vinarsih and P. Suryati, “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Daur Ulang Sampah,” vol. 8, no. 1, pp. 96–102, 2025.
J. Simarmata, Rekayasa Web. Penerbit Andi. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=J8JpLoPUHGAC
E. C. Shirvanadi, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Peranc. Ulang Ui/Ux Situs E-Learning Amikom Cent. Dengan Metod. Des. Think. (Studi Kasus Amikom Center), p. 8, 2021, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156
C. Nisa, R. Shatika, A. Prasetya, C. D. Rahmadewi, and M. Akbar, “Perancangan User Interface Pada Aplikasi E-Commers Petshop Happypals Dengan Metode Desain Thinking,” vol. 3, no. September, pp. 57–69, 2024.
D. Dunne, Design Thinking at Work: How Innovative Organizations Are Embracing Design. Toronto, Canada: Rotman-Utp Publishing, 2018. [Online]. Available: https://www.utppublishing.com/Design-Thinking-at-Work-How-Innovative-Organizations-Are-Embracing-Design.html
T. D. Krismanda and N. Setiyawati, “Perancangan User Interface Dan User Experience Fitur Digital Banking Jago Last Wish Menggunakan Design Thinking,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 126–135, 2022, doi: 10.37792/jukanti.v5i2.561.
T. I. Sugiharti and R. Mujiastuti, “Pembuatan Prototype Aplikasi Mimopay Dengan,” vol. 13, no. 3, pp. 191–198, 2023.
Putri Balkis and N. Oktaviani, “Re-Design User Interface Website PT. Gozco Menggunakan Design Thinking,” J. Fasilkom, vol. 13, no. 02, pp. 214–224, 2023, doi: 10.37859/jf.v13i02.5528.
Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, and Shilka Dina Anwariya, “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya,” J. Buana Pengabdi., vol. 3, no. 1, pp. 149–154, 2021, doi: 10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542.
Putra IP, Junaidi A, Handayani P, Yunita Y. Sistem Informasi Perpustakaan Pada Madrasah Aliyah Negeri 16 Jakarta Kota Jakarta Barat. Jurnal Khatulistiwa Informatika. 2019 Sep 27;6(2):293-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muamar Khadafi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




