Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Produk Laptop Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process

Authors

  • Roehilah Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/jka.v1i3.118

Keywords:

Analitycal Hierarchy Process, Expert Choice, Pemilihan produk pada laptop

Abstract

Banyaknya pilihan merek laptop membuat konsumen kebingungan dalam memilih merek laptop mana yang paling bagus, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rekomendasi merek laptop teerbaik dengan memperhatikan factor- factor, seperti kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian melalui barang elektronik sebagai variable intervening pada pembelian laptop. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria dan alternatif yang dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam memilih produk laptop. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi kasus terhadap penggunaan laptop yang tinggal di Jakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa. Responden diminta untuk mengisi kuesioner yang membandingkan tingkat kepentingan antara kriteria dan alternatif. Data dari kuesioner kemudian dianalisis menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan software Expert Choice. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa kriteria sistem operasi merupakan kriteria yang paling dipertimbangkan oleh pengguna laptop dalam memilih produk laptop, diikuti oleh kriteria harga, spesifikasi,daya tahan baterai,dan kualitas layar. Laptop acer terbukti menjadi operator  penyediaan dan penggunaan yang paling diminati oleh masyarakat, karena memiliki bobot tertinggi pada setiap kriteria. Alternatif prosuk laptop selanjutnya yang dipilih secara berurutan adalah ASUS dan HP.

 

The many choices of laptop brands make consumers confused in choosing which laptop brand is the best, so this study aims to find out the best laptop brand recommendations by paying attention to factors, such as product quality and price on purchasing decisions through electronic goods as an intervening variable in buying a laptop . Therefore, this study aims to determine the criteria and alternatives considered by students in choosing a laptop product. This research was conducted using a case study on the use of laptops living in Jakarta, with a total sample of 100 students. Respondents were asked to fill out a questionnaire that compared the level of importance between the criteria and the alternatives. Data from the questionnaire were then analyzed using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method with the help of Expert Choice software. The results of the AHP analysis show that the operating system criteria are the criteria most considered by laptop users in choosing a laptop product, followed by the criteria for price, specifications, battery life, and screen quality. Acer laptops are proven to be the most preferred provision and use operator by the public, because they have the highest weight on each criterion. The next alternative laptop products selected sequentially are ASUS and HP.

References

J. Ekombis Review -Jurnal, I. Ekonomi, D. Bisnis, Y. I. Ariska, ) ; Suprian, and F. Mukmin, “Penentuan Jasa Online Shop Menggunakan Metode AHP sebagai Pendukung Keputusan dalam Pembelian,” Journal Ekombis Review, vol. 10, no. 1, pp. 87–95, 2022, doi: 10.37676/ekombis.v10i1.

S. Sory, N. B. Ginting, F. Rachmawati, and H. Artikel, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Game Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process hh Etnik : Jurnal Ekonomi-Teknik Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Game Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus di Warung Internet Edelweiss) Informasi Artikel,” Pages, vol. 2, no. 3, 2023.

Sunarsa S, Handayani RI. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Karyawan Pada PT. Indotekno Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer). 2016 Aug 15;2(1):5-10.

N. Kannia, “Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP).”

A. Purwanto, E. Prasetyaningrum, R. Pratama, and M. Haspianto, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Pemilihan Handphone Untuk Kebutuhan Mahasiswa”.

F. Sidiq and F. Ariani, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Mobil Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” 2022.

Suryatri A, Yunita Y, Junaidi A. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Menentukan Pemilihan E-Marketplace. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal). 2019 Oct 25;11(2).

Azhar Zulfi. Faktor Analisis Prioritas Dalam Pemilihan Bibit Jagung Unggul Menggunakan Metode AHP. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (Sainteks). https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/460. 2020 p.347-350

A. Paramita, F. A. Mustika, and N. Farkhatin, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Guru Terbaik Berdasarkan Kinerja dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 9–18, 2017, doi: 10.25077/teknosi.v3i1.2017.9-18.

P. K. Putri and I. Mahendra, “Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Rumah Di Kota Tangerang,” Jurnal Teknoinfo, vol. 13, no. 1, pp. 36–40, 2019.

Downloads

Published

25-09-2023

How to Cite

Roehilah, R. (2023). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Produk Laptop Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process. Jurnal Komputer Antartika, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.70052/jka.v1i3.118