Rancang Bangun Aplikasi Service Desk Berbasis Android Sistem Tiket dan Eskalasi Layanan

Authors

  • Yanti Yosefa Maharani Saragih Universitas Bina Sarana Informatika
  • Mochammad Abdul Azis Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/jka.v1i2.13

Keywords:

Service desk, Pusat Teknologi dan Informasi, mobile, Android

Abstract

Operasional sistem informasi dan infrastruktur teknologi informasi pada sekretariat jenderal DPR-RI merupakan tugas dan tanggung jawab dari Pusat Teknologi dan Informasi (Pustekinfo). Salah satu tugas dan tanggung jawab dari Pustekinfo adalah, menerima layanan permintaan/keluhan terkait kerusakan hardware, software, dan jaringan yang dialami oleh pegawai dan para anggota dewan. Akan tetapi, manajemen layanan yang ada saat ini bisa terbilang kurang baik, karena masih dilakukan secara manual tanpa adanya prosedur yang baik. Maka dari itu, Pusat teknologi dan informasi membutuhkan aplikasi Service Desk yang akan mempermudah layanan teknologi informasi di lingkungkan DPR-RI demi mendukung proses layanan pemerintahan dengan menggunakan SOP yang baik dan benar. Mengingat bahwa saat ini aplikasi mobile sangat popular dan dekat dengan user maka, penelitian ini merancang dan membangun aplikasi service desk berbasis android. Aplikasi ini akan membantu user melakukan permintaan layanan secara fleksibel dalam waktu dan tempat. Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi service desk berbasis android Sistem Tiket dan Eskalasi Layanan (STELA).

 

Information system operations and information technology infrastructure at the DPR-RI secretariat general are the duties and responsibilities of the Information and Technology Center (Pustekinfo). One of Pustekinfo's duties and responsibilities is to receive service requests/complaints related to hardware, software and network damage experienced by employees and board members. However, the current service management is somewhat poor, because it is still done manually without proper procedures. Therefore, the technology and information center requires a Service Desk application that will facilitate information technology services within the DPR-RI in order to support government service processes by using good and correct SOPs. Given that currently mobile applications are very popular and close to users, this study designed and built an Android-based service desk application. This application will help users make service requests flexibly in time and place. The results of this study are the android-based service desk application System Ticketing and Service Escalation (STELA).

References

Alifah, R., Megawaty, D. A., Najib, M., & Satria, D. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 1–7. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Cholil, W., Andryani, R., & Yupika, E. (2019). Sistem Informasi Layanan Komplain (Helpdesk) Mahasiswa Terhadap Dosen Berbasis Android (Studi Kasus : Universitas Bina Darma). Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 23(2), 124–135. https://doi.org/10.35760/ik.2018.v23i2.2354

Gligorijevic, N., Robajac, D., & Nedic, O. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERUMAHAN MENGUNAKAN METODE SDLC PADA PT. MANDIRI LAND PROSPEROUS BERBASIS MOBILE. Биохимия, 84(10), 1511–1518. https://doi.org/10.1134/s0320972519100129

Lubis, J. R., Fauzi, R., Fauzan, M., & Sari, L. P. (2019). Rumus Matematika Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan Adt (Android Developer Tools). Jurnal Education and Development, 7(1), 103. https://doi.org/10.37081/ed.v7i1.785

Metafani, N., Djamaludin, & Hardiyanto, A. (2020). Pengenalan Cagar Budaya Tangerang Berbasis Android di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(1), 66–73. ojs.ejournal.unis.ac.id:article/515

Muri, M. F. A., Utomo, H. S., & Sayyidati, R. (2019). Search Engine Get Application Programming Interface. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 88–97. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.175

Nova Noor Kamala Sari, Putu Bagus Adidyana Anugrah Putra, & Efrans Christian. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Tenses Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 37–46. https://doi.org/10.47111/jti.v13i2.253

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Saragih, Y. Y. M., & Azis, M. A. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Service Desk Berbasis Android Sistem Tiket dan Eskalasi Layanan. Jurnal Komputer Antartika, 1(2), 54–61. https://doi.org/10.70052/jka.v1i2.13

Issue

Section

Articles