Kepuasan Pelanggan Website Depo Air Hidup Pada PT Graha Tirta Ventura Menggunakan Metode System Usability Scale
DOI:
https://doi.org/10.70052/jka.v1i3.16Keywords:
System Usability Scale (SUS), Website, Usability, Kepuasan PelangganAbstract
Kepuasan pelanggan dalam penggunaan website menjadi hal yang penting, terutama dalam konteks bisnis online. Salah satu bisnis online yang sedang berkembang di Indonesia adalah penjualan air minum isi ulang melalui online. Salah satu contohnya adalah PT Graha Tirta Ventura, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan air minum isi ulang melalui pemesanan online dan offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi website Depo Air Hidup dalam faktor apa saja yang memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan, dan Membuktikan keefektifan metode SUS dalam mengukur kepuasan pelanggan terhadap website Depo Air Hidup. Dalam penelitian ini, penulis akan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk mengukur kepuasan pelanggan website Depo Air Hidup. Dengan menggunakan Google Form untuk media penyebaran kuesioner nya. Peneliti mengambil sampel sebanyak 36 orang yang baru-baru ini mengunjungi website Depo Air Hidup. Dengan menggunakan perhitungan SUS, kita dapat mengetahui skor usability Depo Air Hidup dengan nilai rata-rata 67,36. Dapat disimpulkan bahwa kualitas website Depo Air Hidup sudah sangat baik untuk dapat masuk dan diterima pada kalangan masyarakat, tetapi pada kualitas website perlu ditingkatkan lagi, karena kualitas website masih kurang untuk memenuhi kepuasan pelanggan Depo Air Hidup.
Customer satisfaction in using the website is important, especially in the context of online business. One of the online businesses that is currently developing in Indonesia is selling refill drinking water online. One example is PT Graha Tirta Ventura, a company engaged in selling refill drinking water through online and offline ordering. This study aims to evaluate the website of the Air Hidup Depo in terms of what factors influence the level of customer satisfaction, and to prove the effectiveness of the SUS method in measuring customer satisfaction with the Air Hidup Depo website. In this study, the authors will use the System Usability Scale (SUS) method to measure customer satisfaction on the Air Hidup Depo website. By using the Google Form as a medium for distributing the questionnaire. Researchers took a sample of 36 people who recently visited the Air Hidup Depo website. Using the SUS calculation, we can find out the usability score of the Air Living Depot with an average value of 67.36. It can be concluded that the quality of the Air Hidup Depo website is very good to be able to enter and be accepted by the community, but the quality of the website needs to be improved again, because the quality of the website is still lacking to meet customer satisfaction of Air Hidup Depo.
References
M. R. Sanjaya, A. Saputra, and D. Kurniawan, “Penerapan Metode System Usability Scale (Sus) Perangkat Lunak Daftar Hadir Di Pondok Pesantren Miftahul Jannah Berbasis Website,” J. Komput. Terap., vol. 7, no. Vol. 7 No. 1 (2021), pp. 120–132, 2021, doi: 10.35143/jkt.v7i1.4578.
A. A. A. Ushud, I. Novita, and N. Juliasari, “Pelatihan Pemanfaatan CMS Untuk Pembuatan Website Bagi OrangTua Siswa Sekolah Alam Tangerang,” JAM-TEKNO (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masy. TEKNO), vol. 2, no. 1, pp. 20–25, 2021.
Y. Murdianto, R. I. Rochmawati, and A. R. Perdanakusuma, “Analisis Pengaruh Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus Go-Jek Kota Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 603–612, 2019.
J. Waworundeng, G. Sandag, S. V. Ngeloh, and A. Lalong, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan Grab dan Gojek di Masa Pandemi Covid-19 Analysis of Customer Satisfaction Levels with Grab and Gojek Services during the Covid-19 Pandemic,” Cogito Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 111–121, 2022, [Online]. Available: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito/article/view/395/223
D. Riyani, I. Larashat, and D. Juhana, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Maj. Bisnis IPTEK, vol. 14, no. 2, pp. 94–101, 2021, doi: 10.55208/bistek.v14i2.233.
A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 3, pp. 206–212, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i3.50.
F. G. Sembodo, G. F. Fitriana, and N. A. Prasetyo, “Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 2, pp. 146–150, 2021, doi: 10.30871/jaic.v5i2.3293.
H. C. Bentro, R. I. Rokhmawati, and K. C. Brata, “Analisis Dan Perbaikan Aplikasi UB Bookstore Berdasarkan Aspek Usability ( ISO 9241-11 ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 378–385, 2019, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4131
A. A. Wahid, “Analisis Usability pada Aplikasi MyTelkomsel Berdasarkan Nielsen Model,” vol. XX, no. X, pp. 1–8, 2019.
Y. A. Pardede and W. Maesarini, “Pengaruh Penerapan Sistem Absensi Finger Print dan Kompensasi terhadap Tingkat Efektivitas Kinerja di Kantor Bina Mandiri Syariah Bekasi,” J. Ilm. Ilmu Adm., vol. 5, no. 2, pp. 97–103, 2022, [Online]. Available: https://ojs.stiami.ac.id/transparansi/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jeconiah Elang Efraim, Syamsul Bakhri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.