Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Membership Komunitas United Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70052/jka.v1i4.197Keywords:
Sistem Pendaftaran dan Pembayaran Membership, Waterfall, Komunitas United IndonesiaAbstract
Di era industri 4.0 ini, penggunaan sistem informasi sangat dibutuhkan untuk keperluan dalam organisasi, perusahaan, komunitas dan lainnya. Termasuk dalam Komunitas United Indonesia, yang terdapat sebuah transaksi pendaftaran dan pembayaran didalamnya. Namun, kegiatan ini masih berlangsung secara manual sehingga memerlukan waktu dan tenaga yang berlebih. Penerapan sistem informasi untuk pendaftaran dan pembayaran membership pada komunitas United Indonesia dapat dilakukan. Dengan menggunakan metode Waterfall yang merupakan pendekatan SDLC paling awal yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak. Urutan dalam Metode Waterfall bersifat serial yang dimulai dari proses perencanaan, analisa, desain, dan implementasi pada sistem. Maka dari itu dalam penelitian ini kami menggunakan metode tersebut. Dalam penelitian ini kami akan membuatkan sistem informasi yaitu sebuah website untuk dapat digunakan oleh pengurus serta member United Indonesia dalam proses transaksi yang telah ada. Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi pendaftaran dan pembayaran dapat membantu United Indonesia dalam mempercepat proses pendaftaran dan pembayaran karena sebelumnya masih menggunakan sistem manual. Sistem informasi pendaftaran dan pembayaran ini dapat diterapkan pada tempat lain yang membutuhkan dengan beberapa penyesuaian. Masih banyak potensi fitur yang dapat dikembangkan seiring dengan berkembangnya kebutuhan pada United Indonesia.
In this industrial era 4.0, the use of information systems is needed for purposes in organizations, companies, communities And others. Including in the United Indonesia Community, which has a registration And payment transaction in it. However, this Activity still takes place manually so that it requires excessive time And energy. The application of information systems for membership registration And payment in the United Indonesia community can be done. By using the Waterfall method which is the earliest SDLC approach used for software development. The sequence in the Waterfall Method is serial in nature starting from the planning, analysis, design, And implementation processes of the system. Therefore in this research we use this method. In this study we will create an information system, namely a website to be used by the Management And members of United Indonesia in the existing transaction process. It can be concluded that the registration And payment information system can help United Indonesia in speeding up the registration And payment process because previously it was still using a manual system. This registration And payment information system can be applied to other places that need it with some adjustments. There are still many potential features that can be developed along with the growing needs of United Indonesia.
References
R. M. Rianingsih, C., Wulan, R. R., & Malau, “Fanatisme Fans Perempuan Dalam Mendukung Klub Sepakbola ManchesterUnited”(Studi Kasus Pada United Babes Of Bandung,” Ilmu Komun., vol. 8, pp. 188–194, 2019.
J. K. Abdi, L. E. Fitri, D. Setiawan, P. Eko, P. Utomo, and S. K. Bhayangkari, “Penerapan Sistem Informasi Desa Berbasis TIK Di Desa Nyogan Menuju Tata Kelola Good Governance Dan Kemandirian Desa,” 2020.
F. Yuliagustin, S. Bahri, and D. Kristiani, “Membangun Aplikasi Sistem Informasi Komunitas Motor Berbasis Android (Studi Kasus : GSX Community Boyolali-Klaten),” JITU J. Inform. Technol. Commun., vol. 4, no. 1, pp. 17–26, Jan. 2020, doi: 10.36596/jitu.v4i1.184.
Muhammad Ibnu Sa’ad, Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2020.
Teduh Sanubari, Cahyo Prianto, Noviana Riza, Odol (one desa one product unggulan online) penerapan metode Naive Bayes pada pengembangan aplikasi e-commerce menggunakan Codeigniter. Kreatif, 2020.
J. Infortech, F. N. Hasan, E. Nurlelah, U. Bina, and S. Informatika, “Impelementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru di STKIP PGRI Jombang,” vol. 5, no. 1, 2023.
M. Alif Ainizar and K. Nisa, “Aplikasi Informasi Pendaftaran Member dan Penjualan Merchandise pada Komunitas Manchester City Supporters Club Indonesia Chapter Purwokerto,” 2023.
R. Fauzan, D. Siahaan, S. Rochimah, and E. Triandini, “A Different Approach on Automated Use Case Diagram Semantic Assessment,” Int. J. Intell. Eng. Syst., vol. 14, no. 1, pp. 496–505, 2021, doi: 10.22266/IJIES2021.0228.46.
S. T. Bayu Kurniawan, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL,” J. Tikar, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/teknik_informatika/article/download/153/121
Ade Suryanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Artisberbasis Web Menggunakan Model Waterfall(Studi Kasus : Team Management Agensi),” vol. 4, no. 2, pp. 117–126, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putria Pebriana Sitanggang, Intan Permatasari, Syahrur Rhamadan, Fachri Amsury (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.