Penggunaan Media Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat Terkait Isu Lingkungan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process

Authors

  • Yahdi Kusnadi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Novianti Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/jka.v2i1.253

Keywords:

Analisis proses hierarki (AHP), Isu-Isu Lingkungan, Media Sosial

Abstract

Media sosial memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah lingkungan. Di situs web seperti Tiktok, Instagram, dan Twitter, orang dapat berbagi ide kreatif, mengungkapkan keprihatinan, dan memobilisasi tindakan untuk pelestarian lingkungan. Menghasilkan konten baru, menempatkan hastag pada konten, dan mendorong pengikut untuk melestarikan adalah beberapa cara yang dapat digunakan. Dalam situasi seperti ini, analisis proses hierarki (AHP) dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat, mengevaluasi dampak, dan menentukan prioritas. efek dari tindakan dan keberhasilan kampanye di media sosial. Peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial terhadap pemberdayaan masyarakat terkait masalah lingkungan. Dalam konteks masalah lingkungan, metode ini dapat digunakan untuk mengukur dampak dari berbagai tindakan, mengedit prioritas tindakan, dan membuat rencana aksi yang efektif.

 

Social media plays a significant role in increasing public awareness about environmental issues. On websites like TikTok, Instagram, and Twitter, people can share creative ideas, express concerns, and mobilize action for environmental conservation. Generating new content, placing hashtags on content, and encouraging followers to preserve are some of the ways that can be used. In situations like these, hierarchical process (AHP) analysis can help you make informed decisions, evaluate impacts, and determine priorities. the effects of actions and the success of campaigns on social media. Researchers want to know how much influence social media has on community empowerment regarding environmental issues. In the context of environmental problems, this method can be used to measure the impact of various actions, edit action priorities, and create effective action plans.

References

A. S. Cahyono, “Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.,” 2016.

Maulana arif, “komunikasi-lingkungan-berperan-menyadarkan-khalayak-menjaga-lingkungan,” komunikasi-lingkungan-berperan-menyadarkan-khalayak-menjaga-lingkungan, 2017, Accessed: Nov. 29, 2023. [Online]. Available: https://www.unpad.ac.id/profil/dr-herlina-agustin-s-sos-m-t-komunikasi-lingkungan-berperan-menyadarkan-khalayak-menjaga-lingkungan/

P. E. Putri I R, “Aktivisme digital dan pemanfaatan media baru sebagai pendekatan pemberdayaan masyarakat atas isu lingkungan,” Putri, I.R., & Pratiwi, E. (2022). Aktivisme digital dan pemanfaatan media baru sebagai pendekatan pemberdayaan masyarakat atas isu lingkungan. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi., 2022.

N. Hidayat, W. Ningsih, U. Halim, and A. Agustina, “Media Sosial sebagai Social Engineering untuk Membentuk Mindset Masyarakat dalam Penyelamatan Lingkungan Hidup,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 17, no. 2, p. 212, Mar. 2023, doi: 10.35931/aq.v17i2.1975.

A. E. Munthafa and H. Mubarok, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi,” vol. 3, no. 2, 2017.

I. T. , & T. I. Asfar, “Analisis-Naratif-Analisis-Konten-Dan-Analisis-Semiotik,” 2019.

R. Rojak, E. J. Sastradiharja, and S. Zuhri, “Wawasan: Pengaruh Media Sosial Dan Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Perilaku Religius Siswa (Penelitian pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 17 Jakarta) Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 386-399.,” 2022.

A. Fadli and H. Sazali, “Peran Media Sosial Instagram @Greenpeaceid Sebagai Media Kampanye Dalam Menjaga Lingkungan,” Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial dan Informasi, vol. 8, no. 2, pp. 209–222, 2023, doi: 10.52423/jikuho.v8i2.32.

T. L. Saaty, “Decision making with the analytic hierarchy process,” 2008.

Jauhar Latifah, “Sosial Media Dalam Mempromosikan Kesadaran Lingkungan,” Sosial Media Dalam Mempromosikan Kesadaran Lingkungan, 2023.

Downloads

Published

21-02-2024

How to Cite

Kusnadi, Y., & Novianti, N. (2024). Penggunaan Media Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat Terkait Isu Lingkungan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Komputer Antartika, 2(1), 35–41. https://doi.org/10.70052/jka.v2i1.253

Issue

Section

Articles