Penerapan Algoritma C4.5 Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Penggunaan Toilet di RSAB Harapan Kita

Authors

  • Acu Susanto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ilfan Luktian Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hengky Hengky Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ricky Utomo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sri Rejeki Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/jka.v2i3.335

Keywords:

Patient Satisfaction, Hospital Services, C4.5 Algorithm, RapidMiner, Decision Tree

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan toilet di RSAB Harapan Kita. Kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu hal yang sangat penting dalam menilai tingkat pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit kepada pasiennya. Terutama pada fasilitas toilet, toilet dianggap sebagai salah satu tolak ukur indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan yang merupakan akibat pengaruh pelayanan kesehatan yang diberikan pihak rumah sakit dan hal inilah yang membuat pengukuran kepuasan pasien menjadi komponen penting. Dalam mengatasi hal tersebut penggunaan algoritma C4.5 adalah pilihan yang tepat untuk dapat mengambil keputusan pada pelayanan penggunaan toilet. Dengan menggunakan algoritma C4.5 untuk menghasilkan keputusan yang tepat dan diuji oleh software RapidMiner. Dimana data bersumber dari hasil survei tahun 2023. Model yang dihasilkan dari algoritma C4.5 mampu memprediksi tingkat kepuasan pasien dengan tingkat accuracy = 52.61%, dengan nilai entropy 1182558 dan gain information terbesar 0.904627. Adapun performance pada setiap tanggapan yaitu recall = 75.00% , precision = 65.45% untuk tanggapan sangat puas, recall = 50.00% , precision = 54.55% untuk tanggapan puas, recall = 6.25% , precision = 21.43% untuk tanggapan kurang puas, recall = 79.17% , precision = 48.10% untuk tanggapan tidak  puas.

 

This study aims to analyze the level of patient satisfaction with toilet services at RSAB Harapan Kita. Patient satisfaction is considered to be one of the most important things in assessing the level of service provided by the hospital to its patients. Especially in toilet facilities, toilets are considered as one of the main benchmark indicators of the standard of a health facility which is the result of the influence of health services provided by the hospital and this is what makes measuring patient satisfaction an important component. In overcoming this problem, using the C4.5 algorithm is the right choice to be able to make decisions on toilet use services. By using the C4.5 algorithm to produce the right decisions and tested by RapidMiner software. Where the data comes from survey results in 2023. The model produced from the C4.5 algorithm is able to predict the level of patient satisfaction with an accuracy level = 52.61%, with an entropy value of 1182558 and the largest information gain of 0.904627. The performance for each response is recall = 75.00%, precision = 65.45% for very satisfied responses, recall = 50.00%, precision = 54.55% for satisfied responses, recall = 6.25%, precision = 21.43% for less satisfied responses, recall = 79.17 % , precision = 48.10% for dissatisfied responses..

References

Djafar, R., & Sune, U. (2022, February 6). Responsivitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pohuwato. https://www.neliti.com/id/publications/501599/article/view/391/269

Pratama, E. B., & Hendini, A. (2022). Implementasi Extreme Programming Pada Perancangan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 107-112.

Windarto, A. P., Irawan, E., Saputra, W., & Okprana, H. (2020, July). Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma C4. 5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien BPJS. In Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) (Vol. 2, pp. 376-385).

Rahmat, H., Alfiana d.p., et all. (2023, December 20). Penerapan Algoritma C4.5 Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien pada Pelayanan Puskesmas Kebumen. https://jurnal.universitasputrabangsa.ac.id/index.php/tiij

J. Eska, “Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Wallpaper Menggunakan Algoritma C45,”JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi),vol. 2, pp. 9–13, 2016.

Widaningsih, S. (2019). Perbandingan Metode Data Mining Untuk Prediksi Nilai Dan Waktu Kelulusan Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Dengan Algoritma C4, 5, Naïve Bayes, Knn Dan Svm. Jurnal Tekno Insentif, 13(1), 16-25.

A. Yoga Pratama et al., “Analisis Sentimen Media Sosial Twitter Dengan Algoritma K- Nearest Neighbor Dan Seleksi Fitur Chi-Square (Kasus Omnibus Law Cipta Kerja),” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 2, pp. 897–910, 2021.

D. L. Rianti, Y. Umaidah, and A. Voutama, “Tren Marketplace Berdasarkan Klasifikasi Ulasan Pelanggan Menggunakan Perbandingan Kernel Support Vector Machine,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 6, no. 1, p. 98, 2021, doi: 10.30998/string.v6i1.9993.

Sunanto, N., & Falah, G. (2022). Penerapan Algoritma C4. 5 Untuk Membuat Model Prediksi Pasien Yang Mengidap Penyakit Diabetes. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 7(2), 208-216.

Sudrajat, B. (2022). Penggunaan Algoritma C4. 5 Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Pada Warnet Game Victory. Jurnal Ilmu Teknik Dan Komputer, 6(1), 27-33.

Nugraha, F. F., & Juliane, C. (2022). Penerapan Data Mining Dengan Metode Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4. 5. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 9(4), 2862-2869.

Sofyan, F. M. A., Voutama, A., & Umaidah, Y. (2023). Penerapan Algoritma C4. 5 Untuk Prediksi Penyakit Paru-Paru Menggunakan Rapidminer. Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1409-1415.

Hariati, H., Wati, M., & Cahyono, B. (2018). Penerapan Algoritma C4. 5 pada Penentuan Penerima Program Bantuan Pemerintah Daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 2(2), 106-114.

Abdussalam Amrullah, Intam Purnamasari, Betha Nurina Sari, Garno, and Apriade Voutama, “Analisis Cluster Faktor Penunjang Pendidikan Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus: Kabupaten Karawang),” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 5, no. 2, pp. 244–252, 2022, doi: 10.36595/jire.v5i2.701

C. Tandian, Y. Laia, and A. Saputra, “Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Pemenang Klub Sepak Bola pada Ajang Liga Champion Dengan Algoritma C.45,” J. Sist. Inf. dan Ilmu Komput. Prima(JUSIKOM PRIMA), Vol. 2, No. 2, 2019, doi: 10.34012/jusikom.v2i2.397.

A. Junaidi, Yunita, S. Agustiani, C. I. Agustyaningrum dan Y. T. Arifin, “Klasifikasi Penerima Bantuan Sosial Menggunakan Algoritma C 4.5,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, pp. 77-82, 2023.

Downloads

Published

08-07-2024

How to Cite

Susanto, A., Luktian, I. ., Hengky, H., Utomo, R., & Rejeki, S. (2024). Penerapan Algoritma C4.5 Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Penggunaan Toilet di RSAB Harapan Kita. Jurnal Komputer Antartika, 2(3), 88–94. https://doi.org/10.70052/jka.v2i3.335