Analisis dan Implementasi SEO Algoritma Google Panda Untuk Optimasi Website PT Revolusi Kesehatan

Authors

  • Bimo Haryo Nugroho Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Dini Hamidin Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Supriady Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.70052/jka.v2i3.463

Keywords:

SEO, Google Panda, WordPress, Optimasi Website, PT. Revolusi Kesehatan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengimplementasikan strategi SEO pada algoritma Google Panda guna mengoptimalkan website PT. Revolusi Kesehatan Indonesia. Tugas Akhir ini adalah kelanjutan dari laporan magang yang berjudul "Implementasi Website PT. Revolusi Kesehatan Indonesia dengan Menggunakan Content Management System WordPress". Platform WordPress dipilih karena kemudahannya dalam pengelolaan konten dan kemampuannya untuk mendukung berbagai plugin SEO.  Langkah awal penelitian meliputi studi literatur dan analisis terhadap algoritma Google Panda, yang mengutamakan pada kualitas konten, orisinalitas, dan pengalaman pengguna. Langkah-langkah optimasi meliputi analisis kata kunci, perbaikan struktur konten, peningkatan kecepatan halaman, dan penggunaan backlink berkualitas. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih komprehensif, digunakan beberapa alat SEO seperti Google Analytics, Google Search Console, Microsoft Clarity, Google Trends, dan Ahrefs. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi SEO yang tepat dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat website di mesin pencari Google. Website PT. Revolusi Kesehatan Indonesia dapat mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah pengunjung organik, yang berdampak positif pada potensi bisnis perusahaan.

 

This research aims to analyze and implement SEO strategies on the Google Panda algorithm to optimize the website of PT Revolusi Kesehatan Indonesia. This Final Project is a continuation of the internship report entitled "Implementation of PT Revolusi Kesehatan Indonesia Website Using WordPress Content Management System". The WordPress platform was chosen because of its ease of content management and its ability to support various SEO plugins. The initial research steps included a literature study and analysis of the Google Panda algorithm, which prioritizes content quality, originality, and user experience. Optimization steps include keyword analysis, content structure improvement, page speed improvement, and the use of quality backlinks. In addition, to obtain more comprehensive results, several SEO tools such as Google Analytics, Google Search Console, Microsoft Clarity, Google Trends, and Ahrefs were used.The results of the study show that the implementation of the right SEO strategy can improve the visibility and ranking of the website on the Google search engine. PT Revolusi Kesehatan Indonesia's website can experience a significant increase in the number of organic visitors, which has a positive impact on the company's business potential..

References

B. Arifin, A. Muzakki, and M. W. Kurniawan, “Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran,” Ekombis Sains J. Ekon. Keuang. Dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 87–94, Dec. 2019, doi: 10.24967/ekombis.v4i2.474.

F. Azim, “Penerapan Teknik Seo (search Engine Optimisation) Dengan Metode Onpage Dan Offpage Pada Website Cargoriau.com,” no. 01, 2019.

Alshaf Pebrianggara and D. Komalasari, Buku Ajar Digital Marketing. Umsida Press, 2021. doi: 10.21070/2021/978-623-6081-38-9.

M. Sweeny, “Optimizing Websites in the Post Panda World,” Bull. Am. Soc. Inf. Sci. Technol., vol. 39, no. 1, pp. 17–19, Oct. 2012, doi: 10.1002/bult.2012.1720390106.

M. Sharma and V. Sharma, “Algorithms for Enhancing Efficiency and Ranking of Cloud Based Seo,” vol. 11, no. 2, 2015.

S. Bahri, “Implementasi Teknik Seo (search Engine Optimization) Pada Artikel Untuk Menempati Halaman 1 Pencarian Google,” 2020.

B. H. Nugroho, “Program Studi Diploma Iii Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional Bandung 2024”.

H. Artanto and F. Nurdiyansyah, “Penerapan Seo (search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk,” JOINTECS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, Jan. 2017, doi: 10.31328/jointecs.v2i1.409.

S. Bahri, “Implementasi Teknik Seo (search Engine Optimization) Pada Artikel Untuk Menempati Halaman 1 Pencarian Google,” 2020.

Amin and Nurraharjo - 2019 - Optimasi Website Penjualan Buku Menggunakan Metode.Pdf.”

I. Handayani, E. Febriyanto, and M. Shofwatullah, “Optimalisasi visibilitas situs iLearning Journal Center (iJC) Pada Mesin Pencari Berbasis Search Engine Optimization (SEO) On Page,” Satin - Sains Dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 27–35, Jun. 2019, doi: 10.33372/stn.v5i1.448.

D. Hamidin, W. Resdiana, and M. N. Fauzan, “Peningkatan Penggunaan Media Sosial Menggunakan Prinsip Andragogi Di Desa Cihanjuang,” Qardhul Hasan Media Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 2, p. 88, Oct. 2020, doi: 10.30997/qh.v6i2.2146.

Ginasta and Supriady - 2024 - Implementasi Pencarian Rute Terbaik untuk Mengetah.pdf.”

Artanto and Nurdiyansyah - 2017 - Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk M.pdf.”

H. Artanto and F. Nurdiyansyah, “Penerapan Seo (search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, 2017.

Downloads

Published

11-09-2024

How to Cite

Nugroho, B. H., Hamidin, D. ., & Supriady, S. (2024). Analisis dan Implementasi SEO Algoritma Google Panda Untuk Optimasi Website PT Revolusi Kesehatan. Jurnal Komputer Antartika, 2(3), 102–111. https://doi.org/10.70052/jka.v2i3.463