Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi Shopee Menggunakan Metode EUCS
DOI:
https://doi.org/10.70052/jka.v2i3.503Keywords:
E-Commerce, Kepuasan Pengguna, EUCSAbstract
Peningkatan perkembangan era digital saat ini sangat cepat dan tidak dapat diprediksi, sebuah aplikasi marketplace seperti shopee dapat mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan atau bertransaksi. Aplikasi Shopee adalah marketplace belanja online yang menyediakan aplikasi fitur belanja kebutuhan kita secara online dengan membayar melalui sistem cod, mobile banking, spaylater. Kepuasan pengguna merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan penerapan suatu aplikasi. Penelitian ini berfokus di bagian kepuasan pengguna terhadap User Interface dari aplikasi Shopee. Penelitian ini dilakukan berdasarkan End User Computing Satisfaction (EUCS). Populasi dalam penelitian ini populasi tersebut terpilih sebanyak 172 responden untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada pengguna aplikasi Shopee di Masyarakat Cilandak Timur RT 06 RW 01. Kemudian diolah secara statistik menggunakan rentang kategori dan persentanse melalui Skala Likert. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah kategori puas dengan Tabulasi tingkat kepuasan hasil rata-rata 4.58 (Puas), dengan menggunakan tabel Tingkat Kepuasan Skala Likert. Kemudian, untuk hasil masing-masing dimensi adalah Content Cukup Puas (2.79), Accuracy Puas (4.34), Format Puas (4.30), Timeliness Puas (4.27), Ease Of Use Puas (4.42).
The increasing development of the digital era today is very fast and unpredictable, a marketplace application like Shopee can make it easier for people to do work or make transactions. The Shopee application is an online shopping marketplace that provides application features for shopping for our needs online by paying via COD, mobile banking, SpainLater systems. User satisfaction is an important factor that influences the success of implementing an application. This research focuses on user satisfaction with the User Interface of the Shopee application. This research was conducted based on End User Computing Satisfaction (EUCS). The population in this study was 172 respondents selected to be the sample in this study. The data in this research was obtained from a questionnaire distributed to users of the Shopee application in the East Cilandak Community RT 06 RW 01. Then it was processed statistically using a range of categories and percentages via a Likert Scale. The results obtained from this research are in the satisfied category with an average satisfaction level tabulation of 4.58 (Satisfied), using the Likert Scale Satisfaction Level table. Then, the results for each dimension are Content Quite Satisfied (2.79), Accuracy Satisfied (4.34), Format Satisfied (4.30), Timeliness Satisfied (4.27), Ease Of Use Satisfied (4.42).
References
Pujana Et. Al , 2023. “Analisis Kepuasan Pengguna E- Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada”.
Ariska And Amelia,2020. “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Marketplace Shopee Dan Lazada Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs)” J.Teknol. Inf. Edit, Volt. 14, No. 2, Pp. 53- 58, 2019.
Simamere, 2020. “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-Learning Dengan Menggunakan End User Computing Satisfication (Eucs)”.
M. Ariandi & D.Marsolina (2023). Analisis Kepuasan Driver Terhadap Aplikasi Maxime Menggunakan Metode Eucs 10.30865/Jurikom.V10i2.5819.
M. Yang & F. Sitohang . Y, 2023. “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna E-Commerce Shopee”.
R. Agustina & L. Abdillah(2020). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash Dan Credit M R.Saputra & M.Sanjaya (2023). Analisis Kepuasan Penguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Eucs 10.30865/Klik.V4i2.1218 Mengunakan Metode Eucs Http://Arxiv.Org/Abs/2207.00642.
Sugandi, M.A.,& Halim, R.M N. (2020). Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma Sistematis, 9(1), 143. Https://Doi.Org/10.32520stmsi.V9i1.625.
S. Sakinah & Okdini (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Dana Menggunakan Metode Eucs 10.56327/Jtksi.V6i2.1487.
R.Saputra & M.Sanjaya(2023). Analisis Kepuasan Penguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Eucs 10.30865/Klik.V4i2.1218.
Pratama,2023. “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi E Absensi Di Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs)”.
W.W.Chin And M.K.O.Lee, “A Proposed Model And Measurement Instrument For The Formation Of Is Satisfaction,” Icis, Vol. Brisbine, Pp. 553-563,,2000.
W.J.Doll And G.Torkzadeh, “The Measurement Of End-User Computing Satisfaction,” Mis Q., Vol. 12, No. 2, Pp. 259-274,Aug. 1988, Doi: 10.2307?248851.
Salis, Mochamad Ikhsan, Rafif, Muhamad Wildan Ardiansyah & Ricky Ardiansyah (2023). Analisis Sistem Informasi Website E-Campus Unsika Dengan Pendekatan Eucs. 2210631020113@Students.Unsika.Ac.Id.
Darwati, 2022. “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Ovo Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs)”. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Just-It/Index
Taswin, 2022. “Implementasi Metode End User Computing Satisfaction Untuk Mengukur Tingkat Keefektifan Dan Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning”.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mira Tania, Ahmad Ishaq, Muhammad Rifqi Firdaus (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.