Pengembangan Sistem Ticketing Layanan Menggunakan Metode Agile Berbasis Website Pada PT. Qonita Teknologi Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70052/jka.v2i4.646Keywords:
Sistem Ticketing, Agile, Layanan Pelangan, Pengembangan Perangkat LunakAbstract
Pengembangan sistem ticketing berbasis website telah menjadi kebutuhan penting bagi PT. Qonita Teknologi Indonesia untuk meningkatkan efisiensi layanan pelanggan. Sistem ini dirancang menggunakan metode Agile yang memungkinkan fleksibilitas dan iterasi dalam pengembangan perangkat lunak. Tujuan dari pengembangan ini adalah menciptakan sistem yang mampu membuat tiket layanan, memantau status tiket, serta menyediakan dokumentasi dari setiap tiket permasalahan yang dapat diakses oleh manajemen. Hasil pengujian dengan metode Black Box Testing menunjukkan bahwa sistem berjalan sesuai spesifikasi dan dan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara signifikan. Implementasi sistem ini diharapkan tidak hanya mempercepat proses penyelesaian masalah, tetapi juga memberikan dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan berbasis data dalam meningkatkan layanan di masa depan. Dengan demikian, PT. Qonita Teknologi Indonesia dapat lebih bersaing di industri teknologi yang semakin ketat.
The development of a web-based ticketing system has become crucial for PT. Qonita Teknologi Indonesia to enhance customer service efficiency. This system was engineered using the Agile methodology, enabling flexibility and iterative software development. The objective of this development was to create a system capable of generating service tickets, tracking ticket statuses, and providing documentation for each reported issue accessible to management. Black Box Testing results indicated that the system operates as specified and can significantly improve customer service quality. The implementation of this system is expected to not only expedite problem resolution but also provide a robust foundation for data-driven decision-making in future service enhancements. Consequently, PT. Qonita Teknologi Indonesia can become more competitive in the increasingly demanding technology industry.
References
Nova, Sausan Hidayah, Aris Puji Widodo, and Budi Warsito, "Analisis Metode Agile pada Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: Systematic Literature Review", Techno. Com, vol. 21, no. 1, 2022.
Siswanto, Riky, Arif Susanto, and Eddy Saputra, "Sistem Informasi Helpdesk Ticketing di PT Tunas Artha Gardatama", Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), vol. 1,no. 3, pp. 297-303, 2020.
Bahrudin, Ryan Muhammad, Mohammad Ridwan, and Hardjito S. Darmojo, "Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penanganan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web", Jutis (Jurnal Teknik Informatika), vol. 7, no. 1, pp. 71-82, 2019.
Iskandar, Deni, and Sayekti Harits Suryawan, "Rancang Bangun Sistem Ticketing Pekerjaan IT Berbasis Website pada Bagian Departemen IT PT. Sagtrade Murni", Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 06, pp. 1914-1922, 2023.
Karimah, Mufidah, Emi Sita Eriana, and Heri Haerudin, "Implementasi Metode Extreme Programming Pada Pembuatan E-Ticketing Berbasis Web", Spectrum: Multidisciplinary Journal, vol. 1, no.2, pp. 117-125, 2024.
Wardhani, Rika Novita, Meinarini Catur Utami, and Ibnu Yahya Saputra, "Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Pada PT. Bank Mega Tbk", Jurnal Ilmiah MATRIK, vol. 22, no. 2, pp. 1411-1624, 2020.
Leli, Nur, and Sri Ramadhani, "Tiketing Gangguan Teknis Pada Layanan Indihome PT. Telkom Akses Gaharu Medan", Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 1, no. 12, 2023.
Kurnaedi, Didi, et al, "Web-Based IT Helpdesk Ticketing System at PT. Dayacipta Kemasindo", bit-Tech, vol. 5, no.2, pp. 121-127, 2022.
Kurnia, Angga, Stevianus Imanuel Salangka, and Unggul Prasetyo Utomo, "Rancang Bangun Sistem Booking Foto Studio Berbasis Web Menggunakan Metode Agile", Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA), vol. 1, no. 1, pp. 36-45, 2023.
Pamungkas, Slamet Yoga, "Implementasi Metode Agile dalam Perancangan Sistem User Request Form (URF) Versi Digital Berbasis Web pada CV. Gunung Sewu Pariwisata", Scientia Sacra: Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 333-340, 2022.
Andrianto, Sukrisna, and Hadion Wijoyo, "Rancang Bangun Sistem Informasi Siswa Berbasis Web di Sekolah Minggu Buddha Vihara Dharmaloka Pekanbaru", TIN: Terapan Informatika Nusantara, vol. 1, no. 2, pp. 83-90, 2020.
Wiharko, Teguh, and Heru Setiawan, "Sistem Informasi E-Ticketing di PT Pos Indonesia Cabang Cianjur berbasis Web dengan Metode Fifo", Media J. Inform, vol. 10, no. 2, pp. 36, 2020.
Gusmiadi, Finki, and Ikbal Yasin, "Perancangan Sistem Pengelolaan Data Piutang pada PT Atosim Lampung", Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 121-126, 2023.
Hafsari, Rizka, Edo Aribe, and Nicholas Maulana, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Inventori Dan Penjualan Pada Perusahaan PT. INHUTANI V",PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, vol. 10, no. 2, pp. 109-116, 2023.
Likhar, Weli, and Hari Purwanto, "Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Ticketing Helpdesk Online Berbasis Web: Studi Kasus Pt Xyz", JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 103-116, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akhmade Sofyan, Anang Dwi Prastyo, Andrey Saputra, Roeslan Djutalov (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.