Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi My Xl Dengan Metode Techhnology Acceptance Model

Authors

  • Yayan Ashari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hendra Supendar Universitas Bina Sarana Informatika
  • Riza Fahlapi Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

User Satisfaction, Techhnology Acceptance Model, My Xl

Abstract

Perkembangan pesat teknologi informasi telah membawa dunia masuk ke dalam era baru yang lebih dinamis daripada yang pernah  dibayangkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisa tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi My Xl dan  sejauh mana aplikasi ini memenuhi kebutuhan pengguna. Model yang digunakan untuk menjelaskan kepuasan pengguna terhadap penerapan aplikasi My Xl adalah Technology Acceptance Model (TAM) dengan 3 konstruk yaitu, Perceived Ease of use, Perceived Usefulnes, Behavioral Intention to Use. Data penelitian telah dikumpulkan melalui kuesioner dan dibagi ke 100 responden. Kemudian data diolah dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil Uji F pengujian terhadap Variabel Persepsi Kemudahan Pengguna dan Persepsi Kebermanfaatan menunjukkan nilai Sig sebesar 0.000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel Penerimaan TI.

 

The rapid development of information technology has brought the world into a new era that is more dynamic than ever imagined before. This study aims to analyze the level of user satisfaction with the MyXl application and the extent to which this application meets user needs. The model used to explain user satisfaction with the application of MyXl is the Technology Acceptance Model (TAM) with 3 constructs namely, Perceived Ease of use, Perceived Usefulness, Behavioral Intention to Use. Research data has been collected through a questionnaire and divided into 100 respondents. Then the data is processed by linear regression analysis. The results of this study indicate that the variables X1 and X2 have a positive and significant effect on the variable Y. Based on the results of the F Test, testing the variables Perception of User Ease and Perception of Usefulness shows a Sig value of 0.000, which is smaller than the significance level of 0.05. Therefore, it can be concluded that these two variables together have a positive and significant influence on the IT Acceptance Variable.

References

N. B. P. Sudiatmika and I. A. O. Martini, “Faktor-Faktor Mempengaruhi Niat Qris Jurnal Magister Manajemen Unram,” vol. 11, no. 3, pp. 239–254, 2022, doi: 10.29303/jmm.v11i3.735.

M. Hasan, A. H. Kahfi, and D. P. Alamsyah, “Analisa Pengaruh Mobile Application Dalam Menunjang Keberhasilan Wirausaha Di Kota Bekasi,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 47–52, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i1.4989.

Y. I. W. Tyas, “Analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja keuangan pada elzatta probolinggo,” J. Ilm. Ilmu Ekon. dan Bisnis, vol. 8, no. 1, pp. 28–39, 2020.

Sugiono, Noerdjanah, and A. Wahyu, “Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation,” J. Keterapian Fis., vol. 5, no. 1, pp. 55–61, 2020, doi: 10.37341/jkf.v5i1.167.

R. N. Amalia, R. S. Dianingati, and E. Annisaa, “Pengaruh Jumlah Responden Terhadap Hasil Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan Dan Perilaku Swamedikasi,” J. Res. Pharm., vol. 2, no. 1, 2022.

M. Ikbal, S. Saputra, and U. S. Tasikmalaya, “Kel-14 LTI kelas B-Ekonomi Pembangunan 21-dikonversi,” no. June, 2022.

F. R. Fadmi and L. D. Buton, “Pelatihan Analisis Data Bivariat Menggunakan SPSS Bagi Dosen STIKES Mandala Waluya Kendari,” J. Mandala Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 9–15, 2020, doi: 10.35311/jmpm.v1i1.4.

D. H. Ismunarti, M. Zainuri, D. N. Sugianto, and S. W. Saputra, “Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu Untuk Pengukuran Konsentrasi Klorofil- A Perairan,” Bul. Oseanografi Mar., vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.14710/buloma.v9i1.23924.

D. Taluke, R. S. M. Lakat, A. Sembel, E. Mangrove, and M. Bahwa, “Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat,” Spasial, vol. 6, no. 2, pp. 531–540, 2019.

A. Rahman, “Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Yudha Swalayan Jakarta,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 4, no. 2, pp. 257–264, 2019, [Online]. Available: www.bsi.ac.id

E. Srihastuti, I. Suaidah, and S. Isnaniati, “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Terhadap Efektifitas Pelaporan Akuntansi UMKM Di Desa Banyuanyar,” Mbia, vol. 19, no. 3, pp. 355–362, 2021, doi: 10.33557/mbia.v19i3.1219.

Downloads

Published

28-06-2024

How to Cite

Ashari, Y. ., Supendar, H., & Fahlapi, R. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi My Xl Dengan Metode Techhnology Acceptance Model. Jurnal Komputer Antartika, 2(2), 80–87. Retrieved from https://ejournal.mediaantartika.id/index.php/jka/article/view/98

Issue

Section

Articles