Analisis Kualitas Layanan Website SILADU Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.70052/jka.v2i1.62Keywords:
Kepuasan Pengguna, Kualitas Website, Webqual 4.0Abstract
SILADU (Sistem Layanan dan Pengaduan) merupakan salah satu website pelayanan yang digunakan untuk dapat melakukan pelayanan kepada masyarakat yang digunakan oleh Pusdatin Kesos. SILADU digunakan untuk pengecekkan data bantuan sosial yangmana bantuan tersebut disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat DKI Jakarta salah satunya di wilayah Kelurahan Duri Kosambi. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan teknik webqual 4.0 yang terdiri dari 3 dimensi yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas layanan interaksi untuk mengukur kualitas layanan website siladu.jakarta.go.id yang mana dilihat dari segi kepuasan pengguna. Data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner yang dibagikan kepada warga Kelurahan Duri Kosambi dengan kritera usia 15-54 tahun dengan jumlah sampel 100 orang dan menggunakan teknik purposive sampling. Data diolah menggunakan SPSS Statistic 26. Didatpkan hasil dari uji simultan (uji f) ketiga dimensi Webqual 4.0 berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengguna dengan fhitung sebesar 22,949 dan ftabel 2,699. Maka dapat disimpulkan penelitian ini berpengaruh terhadap user satisfaction (kepuasan pengguna).
SILADU (Service and Complaints System) is one of the service websites used to provide services to the community which is used by the Social Welfare Data and Data Center. SILADU is used to check data on social assistance which is distributed by the government to the people of DKI Jakarta, one of which is in the Duri Kosambi sub-district area. Based on this, research was conducted using the webqual 4.0 technique which consists of 3 dimensions, namely usability quality, information quality, interaction service quality to measure the service quality of the siladu.jakarta.go.id website which is seen in terms of user satisfaction. Data was obtained by distributing questionnaires which were distributed to residents of Duri Kosambi Village with criteria aged 15-54 years with a sample size of 100 people and using a purposive sampling technique. The data was processed using SPSS Statistics 26. It was found that the results of the simultaneous test (f test) of the three dimensions of Webqual 4.0 had a simultaneous effect on user satisfaction with an fcount of 22.949 and a ftable of 2.699. So it can be concluded that this research has an effect on user satisfaction.
References
I. Kurniyado And R. Amalia, “Analisis Kualitas Layanan Website Sistem Informasi Akademik Universitas Pgri Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Bina Darma Conf. …, Vol. 4, No. 1, Pp. 410–417, 2022, [Online]. Available: Https://Conference.Binadarma.Ac.Id/Index.Php/Bdccs/Article/View/2783%0ahttps://Conference.Binadarma.Ac.Id/Index.Php/Bdccs/Article/Download/2783/1316
B. Budiman, S. Fajar Rodiansyah, And D. Abdurahman, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Dan Peningkatan Layanan Siladdu (Sistem Informasi Pelayanan Desa Dan Dataterpadu),” J. Mnemon., Vol. 1, No. 2, Pp. 21–27, 2019, Doi: 10.36040/Mnemonic.V1i2.34.
W. S. Fatmala, Suprapto, And A. Rachmadi, “Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (Ipa),” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 2, No. 1, Pp. 175–183, 2018.
I. Purwandani And N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: Mybest E-Learning System Ubsi,” J. Sist. Dan Teknol. Inf., Vol. 9, No. 3, P. 300, 2021, Doi: 10.26418/Justin.V9i3.47129.
C. Mashuri Et Al., Evaluasi Lms Google Classroom Menggunakan Usability Testing, Webqual 4.0, Dan End User Computing Satisfaction. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia Anggota Ikapi Jawa Barat, 2022.
N. N. Asyifa, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (Siam) Universitas Brawijaya,” 2019.
W. B. D. Hasna And I. K. D. Nuryana, “Analisis Kualitas Layanan Website Sociolla Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (Ipa),” Jeisbi (Journal Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., Vol. 02, No. 04, Pp. 27–32, 2021.
I. Habiba And G. Wijaya, “Pengukuran Kualitas Website Skill Academy Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Paradig. - J. Komput. Dan Inform., Vol. 24, No. 1, Pp. 29–36, 2022, Doi: 10.31294/Paradigma.V24i1.963.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
R. P. Ayuwardani, “Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015) The,” Vol. Vii, No. 1, 2018.
A. Afriyanto, E. Gernaria Sihombing, P. Studi Sistem Informasi, And S. Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Nusa Mandiri, “Inti Nusa Mandiri Analisis Pengaruh Kualitas Web Ppdb Online Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Sman 2 Tambun Utara,” Inti Nusa Mandiri, Vol. 13, No. 2, Pp. 59–66, 2019, [Online]. Available: Http://Nusamandiri.ac.Id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Kurnia Ramadhani, Wahyudin (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.