Perancangan Game Edukasi Palamas Indonesia untuk Mengenalkan Alat Musik Tradisional
DOI:
https://doi.org/10.70052/jka.v1i2.9Keywords:
Alat Musik Tradisional, Android, Game EdukasiAbstract
Indonesia memiliki banyak budaya yang dibanggakan, salah satunya adalah alat musik tradisional yang ada pada setiap daerah di Indonesia, yang mengalunkan suara musik timbre dan ritme yang khas di tiap jenisnya. Kurangnya pengenalan serta pemahaman tentang alat musik tradisional sejak dini dapat membuat semakin terkikisnya pengetahuan dan informasi tentang alat musik tradisional. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah aplikasi mobile game sebagai media edukasi untuk mengenalkan alat musik tradisional. Model pengembangan yang digunakan adalah model prototype. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap pengujian. Data yang diperoleh dari pengujian dianalisis dengan menggunakan skala likert. Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan metode beta menggunakan variabel penelitian functionality yaitu sebesar 83%, dan variabel penelitian usability yaitu sebesar 85%. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media game edukasi Palamas Indonesia “sangat layak” digunakan sebagai game edukasi untuk mengenalkan alat musik tradisional daerah.
Indonesia has many cultures to be proud of, one of which is the traditional musical instruments that exist in every region in Indonesia, which play the distinctive timbre and rhythm of each type of music. Lack of introduction and understanding of traditional musical instruments from an early age can result in the erosion of knowledge and information about traditional musical instruments. This study aims to produce a mobile game application as an educational medium to introduce traditional musical instruments. The development model used is the prototype model. The stages in this research process are the needs analysis stage, the design stage, the development stage, and the testing stage. The data obtained from the test were analyzed using a Likert scale. From the results of tests conducted with the beta method using the functionality research variable that is equal to 83%, and the usability research variable that is equal to 85%. Based on these results, it can be concluded that Palamas Indonesia's educational game media is "very appropriate" to be used as an educational game to introduce regional traditional musical instruments.
References
S. Ayuningtyas, "Media Pembelajaran Alat Musik Tradisional Menggunakan Android pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 4 Tulungagung," http://lib.unnes.ac.id/36934/1/5302414038_Optimized.pdf, Semarang, 2019.
Melisa, A. (2014). Perangkat Ajar Alat Musik Dan Lagu Tradisional. jurnal Teknik dan Ilmu Komputer,, 174-178.
Rianingtias, "engembangan Game Edukasi Berbasiskan Android," http://repository.radenintan.ac.id/, Lampung, 2019.
Rizky Aditya, "Rancangan Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype," Journal of information technology and computer science 1 (1), pp. 47-57, 2021.
Selvia Lorena Br, "Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Indonesia Menggunakan Metode Based Maker Augmented Reality Berbasis Android," http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/aplikasi-pengenalan-alat.73, Bandung, 2018.
Ridha, "Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian," Hikmah, pp. 14 (1), 62-70, 2017.
Siti Marlina, "Rancang Bangun aplikasi Build Up dan Break down cargo Valuable berbasis website," Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI 7 (2), pp. 181-186, 2021.
Viktor Handrianus Pranatawijaya, "Penerapan Skala likert dan Skala Dikotomi pada Kuesioner Online," Jurnal Sains Dan Informatika, pp. 5 (2), 128-137, 2019.
Ricco Herdiyan saputra, "Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan modifikasi Skala Likert dengan Metode Simple Additive Weighting," Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, p. 9 (1), 2018.
PermatasiI, et al. "MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3, https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ Jomealarticle/view/29323, Semarang, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Venesa Asri, Awanis Hidayati, Aditya Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.