Strategi iSwara Jakarta Dalam Menjaga Eksistensi Musik Lokal Di Era Digital

Authors

  • Pangesti Handayani Pangesti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dina Andriana Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

Eksistensi, Strategi Komunikasi, Teori Konvergensi Media

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengamatan terhadap cara strategi komunikasi yang dijalankan iSwara Jakarta dalam menjaga eksistensi musik lokal di era konvergensi media digital. Latar belakang penelitian mencakup perubahan perilaku audiens, tantangan inovasi media tradisional, serta minimnya kajian mendalam mengenai strategi media lokal dalam mempromosikan musik lokal secara digital. Pendekatan deskriptif kulitatid diterapkan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara intensif kepada lima narasumber kunci, yaitu Produser, Penyiar, Tim Marketing dan Audiens, serta diperkuat oleh observasi dan dokumentasi aktivitas iSwara. Dalam penelitian ini terungkap bahwa strategi komunikasi iSwara Jakarta yang bersifat terpadu dan lentur dijalankan melalui pemanfaatan berbagai media digital seperti Tiktok, Instagram dan YouTube. Program seperti Playlist of The Week dan event Indokustik digunakan untuk memperkuat eksistensi musik lokal. Strategi ini juga disertai komunikasi yang sesuai dengan karakter audiens muda dan keterlibatan komunitas melalui event off-air seperti Nyanyi Bareng. Evaluasi program dilakukan melalui analisis insight digital, data Nielsen, dan umpan balik audiens. Secara keseluruhan, iSwara telah bertransformasi menjadi media digital terintegrasi. Temuan ini menegaskan pentingnya fleksibilitas strategi komunikasi dalam menjaga relevansi media lokal dan memperkuat identitas budaya melalui musik Indonesia.

References

Anandari, N., & Pramonojati, T. A. (2022). Studi Kasus Strategi Komunikasi Radio Artha 103,7 FM Bengkulu Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Era Digital. Jurnal Kaganga, 6(2), 1–12.

Baktiar, M. S. (2022). EKSISTENSI RADIO MAJA FM MOJOKERTO MELALUI KONVERGENSI MEDIA DAN PARTICIPATORY MEDIA CULTURE. Jurnal Media dan Komunikasi, 3(1), 46–46.

Fijasya, E., & Zurani, I. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS KORAN HARIAN RIAU POS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 1–13.

Hilmi, M., Alfandi, M., & Prisdayanti, S. (2022). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Pendidikan dan Dakwah dalam Mempertahankan Eksistensi di Kota Semarang. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 8(2), 127. https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v8i2.1623

Maltareza, R., Pingkan, V. O., Melati, G. S., & Rahmansyah, A. (2024). IMPLEMENTASI KOMUNIKASI ORGANISASI PADA PANITIA LOMBA EVENT NASIONAL. Jurnal Komunikasi, 17(1), 1–9.

Multazam, D. I. (2022). Strategi Komunikasi Lintas Budaya Dalam Mempertahankan Eksistensi Kuliner Sebagai Identitas Budaya. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 5(1), 10.

Nurhadi, Z. F., Mujianto, H., & Apriana, H. A. (2020). Strategi Komunikasi dalam Mempertahankan Eksistensi Batik Tulis Garut. Jurnali Komunikasi dan Media, 6(1), 109–124. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Putra, D., & Agustino, Y. P. (2025). Konvergensi Media: Ketika Broadcasting Bertemu Internet. rri.co.id. https://rri.co.id/iptek/1575167/konvergensi-media-ketika-broadcasting-bertemu-internet

Rabilla, C., & Muliani, S. D. (2024). Konvergensi Media Apakah dapat Menggeser Radio? rri.co.id. https://rri.co.id/lain-lain/955291/konvergensi-media-apakah-dapat-menggeser-radio

Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 98–105. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.4134

Sari, D. A. P., Romadhan, M. I., & Pradana, B. C. S. A. (2022). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Surabaya dalam Mensosialisasikan Media Center Surabaya kepada Masyarakat. In Jurnal Komunikasi Nusantara (Vol. 4, Nomor 2, hal. 212–222). https://doi.org/10.33366/jkn.v4i2.159

Silalahi, B. I. (2023). DINAMIKA KOMUNIKASI SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN PADA ERA KONVERGENSI MEDIA. Jurnal Impresi, 4(1), 1–11.

Downloads

Published

17-10-2025

Issue

Section

Articles