Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Oreo Blackpink di Jakarta Timur

Authors

  • Neli Salu Rante Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/jeba.v1i1.103

Keywords:

Brand Ambassador, Brand Image, Minat Beli

Abstract

Oreo merupakan biskuit legendaris yang disukai semua lapisan masyarakat di lebih dari 100 negeri di dunia sehingga merupakan merek global yang telah menjadi pemimpin pasar biskuit di Indonesia. Oreo, biskuit  legendaris dengan histori lebih dari 100 tahun, adalah biskuit yang paling banyak terjual di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand ambassador dan Brand image serta dampaknya terhadap Minat Beli Oreo Blackpink di Jakarta Timur. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 100 orang yang pernah mengkonsumsi Oreo blackpink di Jakarta timur dan data yang didapatkan di olah dengan menggunakan SPSS 24. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu Teknik Nonprobability  Sampling yang diambil menggunakan Teknik Purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini membuktikan bahwa Brand ambassador berpengaruh secara positif signifikan terhadap minat beli dan sedangkan Brand image juga memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap minat beli, serta brand ambassador dan brand image secara bersama-sama memiliki pengaruh secara simultan terhadap minat beli.

 

Oreo is a legendary biscuit that is loved by all levels of society in more than 100 countries in the world so that it is a global brand that has become the leader of the biscuit market in Indonesia. Oreo, a legendary biscuit with a history of more than 100 years, is the most sold biscuit of the 21st century. This study aims to analyze the influence of Brand ambassador and Brand image and their impact on Blackpink Oreo Buying Interest in East Jakarta. The number of respondents used in this study was 100 people who had consumed blackpink Oreo in East Jakarta and the data obtained was processed using SPSS 24. The technique used in the study is the Nonprobability Sampling Technique which was taken using the Purposive sampling technique. The results obtained in this study prove that Brand ambassadors have a significant positive influence on buying interest and for Brand image also have a significant positive influence on buying interest, while brand ambassadors and brand image together have a simultaneous influence on buying interest.

References

Afidatur Ro’azah. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce. Jurnal Manajemen Bisnis, 12, 6–25. https://scholar.google.co.id/scholar q=Pengaruh+Brand+Ambassador+Dan+Minat+Beli+Terhadap+Keputusan+Pembelian+Pada+E-commerce&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

Andini, P. N., & Lestari, M. T. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Tokopedia. E-Proceeding of Management, 8(2), 2074–2082. https://scholar.google.co.id/scholar?q=Pengaruh+brand+ambassador+dan+brand+image+terhadap+minat+beli+pengguna+aplikasi+tokopedia&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

Basari, M. (2019). Analisis Pengaruh Brand Ambassador , Beauty Vlogger , Dan Experiental Marketing Terhadap Minat Beli Produk Wardah Pada Kalangan Mahasiswi Universitas Pelita Bangsa. https://repo.pelitabangsa.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2567/1590608449362_SKRIPSI.pdf?sequence=-1&isAllowed=y

Desi, D. E. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Penempatan terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pendidikan Kota Sungai Penuh. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(1), 62. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.228

Fitriyani, H. A. (2019). Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Return On Assets (ROA). Bisnis Dan Akuntansi Unsurya, 4(2), 94–106. https://strategiccfo.com/articles/profitability/net-profit-margin-analysis/

Muhammad Hanapi, & Sriyanto, A. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian. April. https://jom.fe.budiluhur.ac.id/index.php/Jeman/article/view/371/320

Oktaviani, N., & Zainurossalamia, S. Z. (2021). Pengaruh Brand Ambassador “Blackpink” Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image. Inovasi, 17(3), 395–402. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI

Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambasador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E- Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 9.4 (2020):357-380, 9.4, 357–380. file:///C:/Users/HU/Downloads/58857-109-148902-4-10-20200629 (1).pdf

Saputro, A. J. W. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Sunsilk (Study Kasus Pada Masyarakat Perumnas Pucang Gading Mranggen, Kab Demak). Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 130. https://repository.usm.ac.id/files/journalmhs/B.131.17.0489-20220225093712.pdf

Septya Ningrum, N. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen MD Clinic By Lazeta. Bisnis Dan Iptek, 9(2), 141–152. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=190117&val=6468&title=

Utarsih, H., Rezana, I., & Anjani, I. (2020). Pengaruh Brand Trust Dan Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pada Produk Sabun Mandi Cair Lifebuoy Di Bandung. Jurnal Indonesia Membangun, 19(2), 115–129. https://jurnal.inaba.ac.id/

Wardani, A. A. K., & Istiyanto, B. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Co-Branding Samsung X BTS). Edunomika, 06(1310411206), 551–557. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v6i1.464

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Rante, N. S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Oreo Blackpink di Jakarta Timur. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.70052/jeba.v1i1.103

Issue

Section

Articles