Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Jakarta

Authors

  • Amalia Ekaputri Azizah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Slamet Heri Winarno Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/jeba.v1i1.160

Keywords:

Brand awareness, Brand Image, keputusan pembelian

Abstract

Mie Gacoan merupakan sebuah merk dagang dari jaringan restoran mie pedas nomor 1 di Indonesia Anak dari perusahaan PT Pesta Pora Abadi yaitu Mie Gacoan berdiri sejak awal tahun 2016, sudah mempunyai banyak cabang yang tersebar di Indonesia salah satunya berada di Jakarta yang telah membuka tiga cabang yaitu di Tebet, Bintaro, dan Cakung. Teknik pengumpulan data dalam penyusunan skripsi menggunakan angket atau kuesioner dan studi pustaka dengan teknik analisanya berupa analisis kuantitatif yaitu metode analisis data dengan menggunakan analisis statistik alat hitung SPSS. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Mie Gacoan cabang Tebet, Bintaro, dan Cakung. Penelitian menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan metode sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive. Hasil penelitian ini adalah brand awareness dan brand image memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan. Brand awareness dan brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan. Akan tetapi pengaruhnya rendah dimana keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

 

Mie Gacoan is a trademark of the number 1 spicy noodle restaurant chain in Indonesia. The subsidiary of the company PT Pesta Pora Abadi, namely Mie Gacoan, was established in early 2016, already has many branches spread across Indonesia, one of which is in Jakarta, which has opened three branches, namely in Tebet, Bintaro, and Cakung. Data collection techniques in the preparation of the thesis using questionnaires or questionnaires and literature studies with analysis techniques in the form of quantitative analysis, namely data analysis methods using statistical analysis of SPSS calculating tools. The population used in this study were consumers of Mie Gacoan Tebet, Bintaro, and Cakung branches. The study used multiple linear regression analysis methods with data collection using a questionnaire with a Likert scale and the sample method used was purposive sampling. The results of this study are brand awareness and brand image have a significant partial influence on purchasing decisions for Gacoan Noodles. Brand awareness and brand image have a positive effect on purchasing decisions for Gacoan Noodles. However, the effect is low where purchasing decisions are influenced by other variables not included in this study.

References

Duwi Priyanto. (2022). Olah data sendiri analisis regresi linier dengan SPSS dan analisis regresi data paniel dengan eviews (A. Prabawati (ed.)). Cahaya Harapan.

Dyanasari, & Harwiki, W. (2018). Perilaku Konsumen (1st ed.). Deepublish Publisher.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay ( Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar ). Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.

Prasetyo, B., & Febriani, N. (2020). Strategi Branding Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis (1st ed.). UB Press.

Rumaidlany, D., Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada Mc Donalds. Jurnal Lentera Bisnis, 11. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.567

Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69. https://doi.org/10.32502/jimn.v11i1.3427

Syahrazad, I. F., & Hanifa, F. H. (2019). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop. EProceedings of Applied Science, 5(1), 65–73.

Syamsurizal, & Ernawati, S. (2020). Pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian pada Rocket Chicken. In Brand Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran (Vol. 2, Issue 2).

Tumanggor, R., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian (studi kasus pelanggan Indihome dikota Bandung 2018). E-Proceeding of Applied Science, 5(1), 56–64.

Wisnawa, I. M., Kartimin, I. W., & Hartini, N. M. (2022). Brand and e-marketing (W. Cahyo (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Azizah, A. E. ., & Winarno, S. H. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Jakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.70052/jeba.v1i1.160

Issue

Section

Articles