Analisis pada Shopee sebagai E-Commerce Terpopuler di Indonesia

Authors

  • Endah Mustika Asih Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

Belanja online, Marketplace, Shopee, ShopeePay, Brand Ambassador

Abstract

Sejak awal didirikan di Indonesia pada tahun 2015, kepopuleran Shopee sebagai marketplace pilihan banyak orang untuk berbelanja secara daring (online) terlihat meningkat dari tahun ke tahun. Di Indonesia belanja online menjadi semakin populer bagi banyak orang, tentunya bagi yang mempunyai smartphone (telepon pintar) dan akses internet. Pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) menjadikan belanja online sebagai pilihan yang aman dan utama. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk mengunjungi dan akhirnya berbelanja di situs Shopee. Tulisan ini menggunakan studi literatur yang diambil dari berbagai jurnal dan pustaka yang membahas tentang kiat, usaha dan program apa saja yang dilakukan oleh Shopee yang membuatnya akhirnya unggul di kuartal x dibandingkan dengan platform e-commerce dan marketplace yang lain. Banyak inovasi dan strategi marketing yang telah dilakukan Shopee untuk melakukan penetrasi pasar contohnya iklan dengan Brand Ambassador yang masif, flash sale dan special event serta gamifikasi pada aplikasi mobile. Saat ini, ShopeePay yang merupakan afiliasi dari Shopee sebagai alat pembayaran digital semakin populer dan menempati posisi puncak.

 

Since its establishment in Indonesia in 2015, the popularity of Shopee as a preferred online marketplace for many people has been increasing year by year. In Indonesia, online shopping has become increasingly popular for many individuals, especially for those who own smartphones and have internet access. The implementation of PSBB (Large-Scale Social Restrictions) has made online shopping a safe and primary choice. This study focuses on the factors that influence the public to visit and ultimately shop on the Shopee platform. This article utilizes a literature review from various journals and references that discuss the strategies, efforts, and programs carried out by Shopee, which have propelled it to outperform other e-commerce platforms and marketplaces in quarter x. Shopee has implemented numerous innovations and marketing strategies to penetrate the market, such as extensive advertising with Brand Ambassadors, flash sales, special events, and gamification within their mobile application. Currently, ShopeePay, an affiliate of Shopee serving as a digital payment method, is becoming increasingly popular and is taking the lead position.

References

Ahdiat, A. (2024). Tren E-Commerce 2023, Kunjungan ke Shopee dan Blibli Meningkat. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/10/tren-e-commerce-2023-kunjungan-ke-shopee-dan-blibli-meningkat

Al Hafiz, M. P. (2020). Survei Snapcart: ShopeePay Menyalip OVO, GoPay, Dana, dan LinkAja. Diakses pada 18 Mei 2024, dari https://www.marketeers.com/survei-snapcart-shopeepay-menyalip-ovo-gopay-dana-dan-linkaja/

Al Hafiz, M. P. (2020). Tren dan Peluang Industri e-Commerce Indonesia Tahun 2020. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://www.marketeers.com/tren-dan-peluang-industri-e-commerce-indonesia-tahun-2020/

Annur, C. M. (2020). ShopeePay Kalahkan OVO & GoPay saat Pandemi Corona. Diakses pada 18 Mei 2024, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/09/shopeepay-kalahkan-ovo-gopay-saat-pandemi-corona/

Atifi, N. (2018). Shopee Sales Surge Helps Sea Hit Record Revenue, But Net Loss Widens. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://www.techinasia.com/shopee-sales-surge-helps-sea-hit-record-revenue

Azzahra, M. H. (2015). Transaksi Shopee di Indonesia Terbesar di ASEAN. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://swa.co.id/swa/trends/technology/transaksi-shopee-di-indonesia-terbesar-di-asean

Barlian, J. K. (2019). Syahrini Dikontrak Rp2 Miliar Jadi Brand Ambassador Shopee. Diakses pada 12 Mei 2024, dari https://swa.co.id/read/217286/syahrini-dikontrak-rp2-miliar-jadi-brand-ambassador-shopee

Bernama. (2017). Shopee records 80 mil downloads over 2 years. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://www.nst.com.my/business/2017/11/306106/shopee-records-80-mil-downloads-over-2-years

Bimantoro, B. (2019). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online melalui Aplikasi Mobile Shopee. Diakses pada 18 Mei 2024, dari http://repository.unika.ac.id/19320/

Catriana, E. (2020). E-Commerce Mana yang Paling Banyak Digunakan untuk Belanja Online Saat Puasa?. Diakses pada 18 Mei 2024, dari https://money.kompas.com/read/2020/07/06/081700426/e-commerce-mana-yang-paling-banyak-digunakan-untuk-belanja-online-saat-puasa-?page=all.

Chew, J. (2018). Who leads e-commerce in Malaysia? Lazada or Shopee?. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://e27.co/leads-e-commerce-malaysia-lazada-shopee-20180321/

Herman, H. (2015). Isyana Sarasvati Resmi Jadi "Brand Ambassador" Tokopedia. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://www.beritasatu.com/news/316122/isyana-sarasvati-resmi-jadi-brand-ambassador-tokopedia

Ismail, S (2019). Ini Alasan Tokopedia Gandeng BTS Jadi Brand Ambassador. Diakses pada 12 Mei 2024, dari https://www.suara.com/entertainment/2019/10/08/121903/ini-alasan-tokopedia-gandeng-bts-jadi-brand-ambassador

Jimenez, N. (2018). Shopee is now the biggest e-commerce website in Southeast Asia!. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://www.gizguide.com/2018/12/shopee-is-the-top-e-commerce-website-in-sea.html

Mahardy, D. (2014). Dongkrak Brand Awareness, Tokopedia Gandeng Chelsea Islan. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://www.liputan6.com/tekno/read/2132813/dongkrak-brand-awareness-tokopedia-gandeng-chelsea-islan

McKinsey&Company Indonesia. (2018). Indonesia’s Online Commerce Journey. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://www.mckinsey.com/spContent/digital_archipelago/index.html

Narida, M. G. (2019). Brand Image dalam Persaingan Iklan E- commerce dengan menggunakan Brand Ambassador (Analisis Semiotika Iklan Shopee “Bisa Tuku Saiki’ versus Tokopedia x BTS). Journal of Media and Communication Science (JCommsci): Vol.3, No.1

Russell, J. (2017). Southeast Asia games firm Sea, formerly Garena, files for $1 billion US IPO. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://techcrunch.com/2017/09/23/sea-files-for-a-1-billion-u-s-ipo/

Sadino, A. (2019). Didi Kempot, Brand Ambassador Terbaru Shopee. Diakses pada 12 Mei 2024, dari https://kumparan.com/kumparanhits/didi-kempot-brand-ambassador-terbaru-shopee-1sON4h5gZEF/full

Saidani, B & Lusiana, L. M & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI): Vol.10, No.2

Sari, P. N. I. (2020). Pengaruh Brand Ambassador, Kepercayaan dan Resiko terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Shopee oleh Mahasiswa di Pekanbaru. Diakses pada 18 Mei 2024, dari http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30169

SEA Group. (n.d.). Leadership Team - Chris Feng. Diakses pada tanggal 11 Mei, dari https://www.sea.com/aboutus/leadership/management/ChrisFeng

Siregar, B. P. (2018). Tunjuk Blackpink Jadi Brand Ambassador, Shopee Bayar Berapa?. Diakses pada 12 Mei 2024, dari https://wartaekonomi.co.id/read204396/tunjuk-blackpink-jadi-brand-ambassador-shopee-bayar-berapa

Siyahailatua, S. E. D. (2019). Alasan Shopee Pilih Cristiano Ronaldo Jadi Brand Ambassador. Diakses pada 12 Mei 2024, dari https://gaya.tempo.co/read/1236671/alasan-shopee-pilih-cristiano-ronaldo-jadi-brand-ambassador

Wardani, A. S. (2020). Layanan Pembayaran ShopeePay Resmi Dirilis, Jangkau 500 Kota-Kabupaten di Indonesia. Diakses pada 18 Mei 2024, dari https://www.liputan6.com/tekno/read/4339826/layanan-pembayaran-shopeepay-resmi-dirilis-jangkau-500-kota-kabupaten-di-indonesia

Wicaksono, B. (2019). Pengaruh Gamifikasi terhadap Minat Mengunjungi Ulang Konsumen Shopee di Kota Bandung. Diakses pada 18 Mei 2024, dari http://repository.unpar.ac.id/handle/123456789/10530?show=full

Writer, S. (2018). Shopee found to be the most popular e-commerce site for Indonesian mothers. Diakses pada 11 Mei 2024, dari https://www.marketing-interactive.com/shopee-found-to-be-the-most-popular-e-commerce-site-for-indonesian-mothers

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Asih, E. M. (2024). Analisis pada Shopee sebagai E-Commerce Terpopuler di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 2(1), 73–79. Retrieved from https://ejournal.mediaantartika.id/index.php/jeba/article/view/299

Issue

Section

Articles