Pengaruh Content Marketing dan Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Pengguna Tiktok Shop

Authors

  • Febyola Nada Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ana Ramadhayanti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Usran Masahere Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/jeba.v1i1.45

Keywords:

Content Marketing, Live Shopping, Keputusan Pembelian

Abstract

Pada aplikasi TikTok terdapat sebuah fitur yang digunakan sebagai promosi dan peningkatan penjualan yaitu TikTok Shop. Survei digital yang dilakukan tsurvey.id menunjukan bahwa produk fashion cukup banyak dibeli oleh pengguna TikTok Shop sebesar 75%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing dan live shopping terhadap keputusan pembelian produk fashion pada pengguna TikTok Shop di Jakarta Selatan secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden dari hasil rumus Cochran dan menyebarkan kuesioner secara online melalui google formulir serta alat analisis yang digunakan yaitu SPSS 25. Hasil uji t pada penelitian ini menyatakan bahwa variabel content marketing berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk fashion pada pengguna TikTok Shop di Jakarta Selatan dan variabel live shopping berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk fashion pada pengguna TikTok Shop di Jakarta Selatan. Hasil uji F pada penelitian ini menyatakan bahwa variabel content marketing dan live shopping berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada pengguna TikTok Shop di Jakarta Selatan.

 

In the TikTok application there is a feature that is used as a promotion and to increase sales, namely the TikTok Shop. A digital survey conducted by tsurvey.id shows that 75% of TikTok Shop users buy fashion products. This study aims to determine the effect of content marketing and live shopping on purchasing decisions for fashion products for TikTok Shop users in South Jakarta partially and simultaneously. This research uses descriptive quantitative. The sampling technique used non-probability purposive sampling with a sample size of 100 respondents from the results of the Cochran formula and distributing questionnaires online via Google forms and the analytical tool used, namely SPSS 25. The results of the t-test in this study stated that the content marketing variable has a partial effect on decisions purchasing fashion products for TikTok Shop users in South Jakarta and live shopping variables have a partial effect on purchasing decisions for fashion products for TikTok Shop users in South Jakarta. The results of the F test in this study stated that the variables of content marketing and live shopping simultaneously influence the purchasing decisions of fashion products for TikTok Shop users in South Jakarta.

References

Amin, D. E. R., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Live Streaming dan Online Costumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim (Studi Kasus Pelanggan TikTok Shop di Surabaya. Edunomika.

Andrian, Putra, C. I. W., Jumawan, & Nursal, M. F. (2022). Perilaku Konsumen. Rena Cipta Mandiri.

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.

Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.

Bening, B., & Kurniawati, L. (2019). The Influence of content Marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta. Internasional Conference Technology, Education and Sciences.

Diwyarthi, N. D. M. S., Anggara, F. S. A., Trinanda, O., & Gemilang, F. A. (2022). Perilaku Konsumen. Get Press.

Fitriani, R. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Expreriential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pelaku Usaha di Kecamatan Medan Tembung). Universitas Medan Area.

Mahardina, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi TikTok di Wilayah DKI Jakarta. Ikraith-Ekonomika.

Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ.

Muhiban, A., & Putri, E. K. (2022). Pengaruh Tampilin Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee di PT. Gucci Ratu Textile). Ekonomi Dan Manajemen Teknologi (EMT). https://doi.org/http://doi.org/10.35870/emt.v6i2.633

Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7 No.2.

Pandrianto, N., Sukendo, G. G., Oktavianti, R., & Sari, W. P. (2023). Budaya Pop: Komunikasi dan Masyarakat. Gramedia Pustaka Utama.

Priyatno, D. (2022). Olah Data Sendiri Analisis Regresi Linier dengan SPSS dan Analisis Regresi Data Panel dengan Eviews. Cahaya Harapan.

Rahmaniar, A., Syahirah, A. N., Kusumaningdiah, A., & Abimayu, A. (2023). Bunga Rampai Isu-Isu Komunikasi Kontemporer 2023. PT Rekacipta Proxy Media.

Suryatri, A., Yunita, Y., & Junaidi, A. (2019). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Menentukan Pemilihan E-Marketplace. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 11(2).

Wahyuni, M. (2020). Statistik Deskriptif untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS Versi 25. Bintang Pustaka Madani.

Wijaya, S. F. N. (2022). Pengaruh Live Shopping dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan). Universitas Pasundan.

Yuliza, M., Putra, E. T., Elondri, Alhempi, R. R., & Syaifora, L. (2022). Teknik Pengambilan Keputusan. CV Pena Persada.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Nada, F., Ramadhayanti, A., & Masahere, U. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Pengguna Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.70052/jeba.v1i1.45

Issue

Section

Articles