Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Produksi Konveksi Tas Fooboo Store di Kecamatan Ngunut
DOI:
https://doi.org/10.70052/jeba.v2i2.457Keywords:
Strategi Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Tempat, Volume PenjualanAbstract
Pada era ini banyak bisnis yang bergerak di bidang konveksi, sehingga terdapat persaingan yang
ketat di pasar konveksi di Indonesia, terutama di Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan untuk mengedintifikasi
sejauh mana pengaruh variabel (variabel bebas) yang terdiri atas kelengkapan produk, harga, tempat, promosi
dan volume penjualan (variabel terikat), baik secara parsial maupun simultan di Perusahaan Konveksi Tas
Fooboo Store. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan konveksi tas Fooboo store berjumlah 44
orang dengan teknik sampel jenuh. Hasil uji data secara parsial menunjukkan bahwa Produk berpengaruh positif
dan tidak signifikan terhadap Volume Penjualan pada produksi konveksi tas fooboo store dengan nilai thitung
(1,774) < ttabel (2,023). Harga berpengaruh tidak positif dan tidak signifikan terhadap Volume Penjualan pada
produksi konveksi tas fooboo store dengan nilai thitung (-0,641) < ttabel (2,023). Promosi berpengaruh positif
dan tidak signifikan terhadap Volume Penjualan pada produksi konveksi tas fooboo store dengan nilai thitung
(0,065) < ttabel (2,023). Tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada produksi
konveksi tas fooboo store dengan nilai thitung (2,502) > ttabel (2,023). Sedangkan secara simultan menunjukkan
bahwa Produk, Harga, Promosi, Tempat secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap Volume
Penjualan pada Produksi Konveksi tas Fooboo Store dengan hasil F-hitung (3,508) F-tabel (2,61) dengan
tingkat signifikansi 0,015 0,05.
In this era, many businesses operate in the convection sector, so there is tight competition in the convection market in Indonesia, especially in Tulungagung. The type of research used in this research is quantitative research. In this research, it was used to identify the extent of influence of variables (independent variables) consisting of product completeness, price, place, promotion and sales volume (dependent variables), both partially and simultaneously at the Fooboo Store Bag Convection Company. The population in this study was all 44 employees of the Fooboo bag convection store using a saturated sampling technique. Partial data test results show that the product has a positive and insignificant effect on sales volume in the fooboo store bag convection production with a value of tcount (1.774) < ttable (2.023). Price has a positive and insignificant effect on Sales Volume in Fooboo Store bag convection production with a value of tcount (-0.641) < ttable (2.023). Promotion has a positive and insignificant effect on Sales Volume in Fooboo Store bag convection production with a value of tcount (0.065) < ttable (2.023). Place has a positive and significant effect on Sales Volume in Fooboo Store bag convection production with a value of tcount (2.502) > ttable (2.023). Meanwhile, it simultaneously shows that Product, Price, Promotion, Place together have a significant effect on Sales Volume in Fooboo Store Bag Convection Production with the results of F-count (3.508) F-table (2.61) with a significance level of 0.015 - 0.05.
References
Alfiah, E. N. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Efektifitas Strategi Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Untuk Membeli Rumah Pada Developer “ X ” Di Madiun The Influence Of Marketing Mix And Effectiveness Of Marketing Strategy On Consumer Decision Making To Buy A Home At Developer " X " In Madiun. 2(1), 180–189.
Budieli Hulu , Yohanes Dakhi, E. F. Z. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Ud. Mitra Kecamatan Amandraya Budieli. 6(2), 16–25.
Ignatius Fortino Yulian Pamungkas1, Ari Pradhanawati2, A. E. P. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Pada Industri Konveksi Tas Cv. Gerhatas. 11(2), 0–2.
Kadek, L. … Yashinta, K. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Pt . Rusdi Medika. 03(2), 128–136.
Laluan, N. T. … Raintung, M. C. (2022). Penjualan Bahan Bangunan ( Studi Kasus Ud Bangun Nusantara Minahasa ) The Influence Of Marketing Strategies To Increase The Volume Of Building Materials Sales ( Case Study Of Ud Bangun Nusantara Minahasa ) Jurnal Emba Vol . 10 No . 3 Juli 2022 , Hal . 783-794. 10(3), 783–794.
Martinus Buulolo1, D. S. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ud. Netral Di Bawo’otalua Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan. 1(1), 1–10.
Nurhidayat. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Kopi Borong Pada Cv. Berkat Asia Kabupaten Sinjai.
Nurina, S., & Sugeng, I. S. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Raffael Global Mandiri. 2(C).
Rendelangi, A. B. … Manan, A. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan Oleh : Tujuan Dalam Penelitian Ini Adalah “ Untuk Mengetahui Pengaruh Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Alvian Resa Prianto D. 60, 60–71.
Ruspiyadi. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pertalite Bbm Non Subsidi Di Spbu 25 Group Kabupaten Cilacap.
Santoso, R. A. … Setiabudi, U. M. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Di Pt Warung Pintar Distributor Cirebon. 1(2), 1–10.
Yulistia, A. R. A. S. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kulit Manis Pada Cv. Rempah Sari Kota Padang. 4(3), 429–452.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sal Sabila Nur' Aini, Hari Subiyantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.