Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Purchase Decision Paket Netflix di Jakarta Selatan

Authors

  • Adisty Nurul Fadilah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Usran Masahere Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/jeba.v1i1.46

Keywords:

Harga, Kualitas pelayanan, purchase decision

Abstract

Netflix sebagai perusahaan penyedia suatu layanan Video-on-Demand (Vod) dengan harga terjangkau dan telah memberikan sistem bantuan 24 jam untuk menghadapi masalah yang telah ditemui oleh pelanggannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap purchase decision secara parsial dan simultan. Setelah diketahui besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut, akan ditemukan variabel yang paling berpengaruh terhadap purchase decision pada aplikasi Netflix. Penelitian ini penelitian kuantitatif menggunakan SPSS 25 dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang pernah membeli paket Netflix satu kali di Jakarta Selatan. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik nonprobability sampling, teknik sampling yang diambil yakni teknik purposive sampling. Hasil uji t parsial dalam masing-masing variabel menunjukkan bahwa hasil tersebut memakai SPSS dengan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara harga terhadap purchase decision, untuk kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap purchase decision. Hasil uji F secara simultan menjelaskan terdapat pengaruh antara harga dan kualitas pelayanan terhadap purchase decision paket Netflix di Jakarta Selatan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu para konsumen dalam melakukan pembelian paket Netflix.

 

Netflix is a provider of a Video-on-Demand (Vod) service at affordable prices and has provided a 24-hour support system to deal with problems that have been encountered by its customers. This study aims to analyze the effect of price and service quality on purchase decisions partially and simultaneously. After knowing the magnitude of the influence of the two independent variables, we will find the variable that has the most influence on the purchase decision on the Netflix application. This research is a quantitative study using SPSS 25 with a sample size of 100 respondents who have purchased the Netflix package once in South Jakarta. The sampling technique used is nonprobability sampling technique, the sampling technique taken is purposive sampling technique. The results of the partial t test for each variable show that these results use SPSS by showing that there is a significant and positive effect between price and purchase decision, for service quality has a significant and positive effect on purchase decision. The results of the F test simultaneously explain that there is an influence between price and service quality on the purchase decision of the Netflix package in South Jakarta. It is hoped that this research will help consumers purchase Netflix packages.

References

Dian Kusuma Wardani, M. S. (2020). Pengujian Hipotesis (Deskriptif, Komparatif Dan Asosiatif). LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Dicky Wisnu UR, M. M., & Permana, G. I. (2022). Dampak Pemasaran Sosial Media Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli. Pustaka Peradaban.

Dr. Salim Al Idrus., M. M. M. A. (2021). Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian: Konsep Dan Teori. Media Nusa Creative (MNC Publishing)

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Nina Fadilah, S. P. M. P., Nur Aliah, S. E. M. S. A. C. A., & Hidayati Purnama Lubis, S. P. M. S. (2022). Pengaruh Penyusunan Laporan Keuangan Terhadap Kinerja UMKM. CV Pena Persada.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen.

Siska, E. (2022). Monograf Penilaian Kualitas Pelayanan Maskapai Penerbangan: Pendekatan Quality Function Deployment (QFD). CV Pena Persada.

Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. Coverage: Journal Of Strategic Communication, 10(1), 46–53.

Widiawati, N., Khomaeny, E. F. F., & Lukman, A. (2020). Metodologi Penelitian: Komunikasi Dan Penyiaran Islam. Edu Publisher.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Nurul Fadilah, A., & Masahere, U. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Purchase Decision Paket Netflix di Jakarta Selatan. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.70052/jeba.v1i1.46

Issue

Section

Articles