Dampak Literasi Perpajakan serta Pembayaran Digital terhadap Penerimaan Perpajakan Kendaraan Bermotor
DOI:
https://doi.org/10.70052/jeba.v3i1.649Keywords:
Literasi Perpajakan, Efektivitas Penerimaan Pajak, pembayaran digital, Pajak Kendaraan, Kepatuhan PajakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak literasi perpajakan dan penggunaan pembayaran digital terhadap penerimaan pajak kendaraan. Di era digital sekarang ini, pemahaman masyarakat mengenai kewajiban pajak dan pengadopsian metode pembayaran digital semakin meningkat. Peristiwa ini dipercaya berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak dan penerimaan pajak dari sektor kendaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara kepada mahasiswa di beberapa kampus. Analisis data dilakukan untuk menguji hubungan antara literasi perpajakan, preferensi pembayaran digital, dan kepatuhan pajak kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi perpajakan yang baik secara signifikan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak, sementara adopsi pembayaran digital memfasilitasi proses pembayaran. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pemerintah dalam meningkatkan literasi perpajakan serta memperluas infrastruktur pembayaran digital guna mengoptimalkan penerimaan pajak.
This study aims to examine the impact of tax literacy and the use of digital payments on vehicle tax
revenue. In today's digital era, people's understanding of tax obligations and the adoption of digital payment
methods is increasing. This event is believed to have a significant effect on the level of taxpayer compliance and
tax revenue from the vehicle sector. This study uses a qualitative method approach by collecting data through
interviews with students on several campuses. Data analysis was carried out to test the relationship between tax
literacy, digital payment prevention, and vehicle tax compliance. The results of the study show that good tax
literacy significantly increases tax awareness and compliance, while the adoption of digital payments facilitates
the payment process. This finding has important implications for the government in increasing tax literacy and
expanding digital payment infrastructure to optimize tax revenue.
References
Azis, Y. A. (2022). Metode Accidental Sampling: Cara dan Contoh. Deepublishstore.Com.
https://deepublishstore.com/blog/metode-accidentalsampling/#Kenapa_Menggunakan_Accidental_Sampling
Gde Mantra Suarjana, A. A., Made Partika, I. D., Sura Ambara Jaya, I. M., & Gst Nym Suci Murni, N. (2020).
Pengaruh Kualitas dan Kepuasan Pelayanan Pajak terhadap Motivasi Membayar Pajak serta Dampaknya
terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(2), 147–157.
https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/1997
Harry Saptarianto, Shelvi Deviani, Syamas Isti Anah, & Indah Noviyanti. (2024). Menghadapi Tantangan Era
Digital, Strategi Integrasi Media Sosial, Literasi Digital dan Inovasi Bisnis. Jurnal Manuhara : Pusat
Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 128–139. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.955
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode
Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1),
–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Lauwrenza, V., & Agustiningsih, W. (2023). Penerapan Aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) Terhadap
Kepatuhan Wajib Pajak Di Kabupaten Tangerang. Jurnal Pajak Indonesia, 7(1), 37–44.
Pravasanti, Y. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar
Pajak Bumi Dan Bangunan. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(01), 142–151.
https://doi.org/10.29040/jap.v21i1.1165
Putri Mardhatilla, D., Marundha, A., Eprianto, I., Ekonomi dan Bisnis, F., & Bhayangkara Jakarta Raya, U. (2023).
Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi UMKM di Kabupaten Bekasi. Jurnal Economina, Vol.2 No.2, 1–12.
Qamar, S.H., M.H, D. N., & Rezah S.H., M.H, F. S. (2020). Metode Penelitian Hukum: Doktrinal dan
Non-Doktrinal (A. K. Muzakkir & F. Rahman (eds.); Cetakan Pe). CV. Social Politic Genius (SIGn).
Revi Asyifa Dewi, & Nurhayati, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayan Pajak dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap
Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Cimahi. Bandung Conference Series: Accountancy, 2,414–421. https://doi.org/10.29313/bcsa.v2i1.1713
Risa, N., Bilqis, G. D., & Susanti, N. L. (2023). Pengaruh Penerapan Insentif Pajak, Tax Literacy Dan Sanksi
Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi
Akuntansi, 14(1), 72–81. https://doi.org/10.33558/jrak.v14i1.5842
Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil
Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan
Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 311.
Silalahi, S., Mochammad Al Musadieq, Dr, M., & Gunawan Eko Nurtjahjono, S.Sos, M. S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Dan Penerimaan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang). 1(1), 1–5. perpajakan.studentjournal.ub.ac.id
Sri, A., & Sitepu, R. (2022). Literasi Perpajakan Dengan Sistem E-Filling Dan E-Billing Di KPP Tegalsari
Surabaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (Embiss), 2, 481–486.
Suryani, I., Bakiyah, H., Isnaeni, M., & Sitasi, C. (2018). Strategi Public Relations Pt Honda Megatama
KapukDalam Customer Relations. EJournal, 9(9), 1–9.
Winarsih, E. (2022). Evaluasi Perhitungan, Pemotonan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal
Atas Karyawan Tetap (Studi Kasus Pada Kantor Wilayah VI PT. Pegadaian Makassar). Jurnal Riset
Perpajakan, 1(2), 27–34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febriyan Mustar, Dewa Ngakan Ketut Aditya Mahardika TB, Alfian Kresna Dipa, Bida Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.