Pengaruh Digital Marketing dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue di Daerah Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.70052/jeba.v1i2.80Keywords:
Digital Marketing, Word of Mouth, Keputusan PembelianAbstract
Mixue hadir ditengah terjadinya pandemi Covid-19, pada masa tersebut para pelaku bisnis sedang berjuang mempertahankan usahanya namun, Mixue mampu menarik minat masyarakat atas produk yang disediakannya. Dalam menciptakan keputusan pembelian konsumen yang dilakukan oleh Mixue tentu dengan strategi pemasaran yang baik sehingga Mixue mampu dikenal dengan cepat oleh masyarakat hingga viral di media sosial. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian baik pengaruh secara parsial maupun simultan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel jenis purposive sampling. Data responden penelitian menggunakan teknik kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden konsumen Mixue di Jakarta Timur dalam bentuk google form. Hasil pada penelitian ini secara parsial dapat membuktikan bahwa digital marketing dan word of mouth secara individual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mixue. Hasil pada penelitian ini secara simultan dapat membuktikan bahwa digital marketing dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian produk Mixue.
Mixue was present in the midst of the Covid-19 pandemic, at that time business people were struggling to maintain their businesses however, Mixue was able to attract public interest in the products it provided. In making consumer purchasing decisions made by Mixue, of course with a good marketing strategy so that Mixue can be recognized quickly by the public to go viral on social media. This research was conducted aiming to determine the effect of digital marketing, and word of mouth on purchasing decisions both partially and simultaneously. The method used in this study uses a quantitative approach. The technique used in sampling is purposive sampling. Research respondent data used a questionnaire technique which was distributed to 100 Mixue consumer respondents in East Jakarta in the form of a google form. Results on This research can partially prove that digital marketing and word of mouth individually have a positive and significant effect on purchasing decisions for Mixue products. The results of this study can simultaneously prove that digital marketing and word of mouth have a positive and significant simultaneous effect on the Mixue product purchasing decision variable.
References
Aisy, R. R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen @Scarlett_whitening Di Instagram) (Vol. 1, Issue 1). Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Fikri, M. Z. (2018). Pengaruh Brand Image, Lokasi dan Store Atmoshphere Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mini Market “Kedai Yatim” (Issue 21). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hardianti, S. (2019). Pengaruh Iklan dan Word Of Mouth Terhadap Minat Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Inayah, F. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, dan Atribut Produk Pariwisata Terhadap Keputusan Pengunjung. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.
Khusairi, H., & Sarmigi, A. (2022). Peluang Wisata Budaya dan Religi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Pengaruh Budaya Keduri Tuai Padi dan Religiusitas terhadap Kesejahteraan Masyarakat Kerinci) (Tim Qiara Media (ed.); 1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.
Maryati, & M.Khoiri. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Unverse Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.
Muhid, A. (2019). Analisis Statistik Edisi 2. In D. N. Hidayat (Ed.), Zifatama Jawara (2nd ed., Vol. 53, Issue 9). Zifatama Jawara.
Muhyi, M. et al. (2018). Metodologi Penelitian. In L. Nugraheni (Ed.), Adi Buana University Press (1st ed.). Adi Buana University Press. www.unipasby.ac.id
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056
Mustika, S. et al. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Citra Perusahaan Pada Pt.Pos Indonesia (Persero) Bandung . Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1543–1553.
Pranowo, E. (2020). Pengaruh Word of Mouth Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konveksi Syahid Ponorogo (Vol. 53, Issue 9). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen (A. Saifudin (ed.); 1st ed.). Staia Press.
Rahmat, I. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat (Vol. 53, Issue 9). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Repie, F. A. (2020). Pengaruh Komunikasi Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Famouz Creation Event Organizer. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); 1st ed.). Penerbit KBM Indonesia.
Saputra, G. W., & Ardani, I. gusti A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, WORD OF MOUTH dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Syarifuddin, & Saudi, I. Al. (2022). Metode Riset Praktis Regresi Berganda Dengan SPSS (S. Al Saudi (ed.); 1st ed.). Boby Digital Center.
Widana, W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. In T. Fiktorius (Ed.), Klinik Media (1st ed.). Klinik Media.
Zulhijjah, M. M. Al, & Muhammad, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Digital Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Utama Banjarmasin. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 99–106. https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/JBM/article/view/1493/954
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Auliya Rahma Azzahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.