Pengaruh Live Streaming dan Harga Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Shella Saukia Pada E-Commerce Tiktok di Palembang

Authors

  • Cindy Indryani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Listiawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Safitri Asrol Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.70052/jeba.v3i2.981

Keywords:

Keputusan Pembelian, Live Streaming, Harga diskon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming dan diskon harga terhadap keputusan pembelian produk fashion Shella Saukia melalui e-commerce TikTok di Palembang, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 96 responden yang merupakan konsumen Shella Saukia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial live streaming berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Diskon harga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, kedua variabel tersebut bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen produk fashion Shella Saukia melalui TikTok Shop. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi diskon lebih efektif dalam meningkatkan keputusan pembelian dibandingkan pemanfaatan live streaming.

 

This study aims to analyze the influence of live streaming and price discounts on purchasing decisions of Shella Saukia fashion products through TikTok e-commerce in Palembang City, both partially and simultaneously. The research method used was a quantitative approach with a survey technique. Data were collected through the distribution of questionnaires to 96 respondents who were consumers of Shella Saukia. Data analysis was carried out using multiple linear regression, classical assumption tests, and hypothesis testing. The results showed that partially, live streaming had a negative and significant effect on purchasing decisions. Price discounts also had a positive and significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, both variables together had a significant influence on consumers’ purchasing decisions of Shella Saukia fashion products through TikTok Shop. These findings indicate that discount strategies are more effective in increasing purchasing decisions compared to the use of live streaming.

References

Adhista Setyarini. (2020). Analisis Pengaruh CAR, NPL, NIM, BOPO, LDR Terhadap ROA (Studi Pada Bank Pembangunan Daerah Di Indonesia Periode 2015-2018), Research Fair Unisri 4, no. 1: 287.

Amin, Desti Eka Ramadanti, and Khusnul Fikriyah. (2023). Pengaruh Live Streaming Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim. Jurnal Edunomika 07, no. 01: 1–11. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/8056.

Ardila dan Saino. (2022). Jmsab 343, Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis 7, no. 2 (2024): 343–356.

Effiyaldi Yaldi. (2022). Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE) 1, no. 2: 96.

Esi Rosita, Wahyu Hidayat, and Wiwin Yuliani. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 4, no. 4: 282.

Etik Setyorini, dan Hanifah Noviandari. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, Dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan. QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah 3, no. 1: 52.

Firda Rona Hafizhoh, Rayhan Gunaningrat, and Khabib Alia Akhmad. (2023). Potongan Harga, Live Streaming, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis 2, no. 3: 204–205.

Fitria Dewi Puspita Anggraini. (2022), Jurnal Basicedu, Jurnal Basicedu 6, no. 4: 6492–6493, https;//jbasic.org/index.php/basicedu.

Muh Yani Balaka. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, vol. 1.

Tukidi, Ida Adhani, and Rizca Maulida Antika. (2024). Pengaruh Content Marketing Tiktok Affiliate, Live Streaming Dan Diskon Harga Di Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare (Studi Kasus Di Jakarta Selatan). Management Research And Business Journal 1, no. 2: 105–107. http://journallaaroiba.com/ojs/index.php/reslaj/article/view/1319%0Ahttps://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/reslaj/article/download/1319/1513.

Vivi Juli Pratiwi, Furqon Efendi, Muchammad Fariz, Khairani Zikrinawati, and Zulfa Fahmy. (2023). Pengaruh Voucer Diskon Belanja Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Implusive Buying Dikalangan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Student Scientific Creativity Journal 1, no. 2: 392.

Yaldi, Effiyaldi, Johni Paul Karolus Pasaribu, Eddy Suratno, Melani Kadar, Gunardi Gunardi, Ronald Naibaho, Selfi Kumara Hati, and Vira Aryati Aryati. (2022). Penerapan Uji Multikolinieritas Dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (Jumanage) 1, no. 2: 96.

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Indryani, C., Listiawati, L., & Asrol, S. (2025). Pengaruh Live Streaming dan Harga Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Shella Saukia Pada E-Commerce Tiktok di Palembang . Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 3(2), 98–107. https://doi.org/10.70052/jeba.v3i2.981

Issue

Section

Articles