Strategi Humas Dinas Damkar Kota Depok Dalam Pemberdayaan Relawan Damkar Melalui Aplikasi Pecak Ikan Mas

Authors

  • Cholilatul Khodiriyah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Laurensia Retno Hariatiningsih Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Humas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok dalam upaya pemberdayaan relawan pemadam kebakaran (Redkar) melalui pemanfaatan aplikasi digital Pecak Ikan Mas. Latar belakang dari penelitian ini adalah permasalahan terbatasnya jumlah personel damkar dibandingkan dengan luas wilayah dan tingginya kepadatan penduduk Kota Depok, yang menyebabkan perlunya keterlibatan aktif masyarakat dalam upaya mitigasi dan penanggulangan kebakaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan narasumber dari Dinas Pemadam Kebakaran dan relawan Redkar Kota Depok, serta dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas dilakukan melalui empat tahap strategis, yaitu fact finding, planning, communication, dan evaluation sesuai teori Cutlip, Center & Broom. Aplikasi Pecak Ikan Mas dinilai menjadi sarana strategis dalam mempercepat pelaporan kejadian kebakaran, menyebarluaskan informasi, serta memfasilitasi kolaborasi antara masyarakat dan dinas. Analisis SWOT menunjukkan kekuatan berupa keaktifan relawan dan dukungan regulasi, peluang dari meningkatnya kesadaran publik dan potensi kerja sama lintas sektor, serta kelemahan dalam literasi digital relawan dan keterbatasan SDM humas, sementara ancaman berasal dari keterbatasan anggaran dan dinamika kebijakan. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya strategi komunikasi yang terintegrasi, pelatihan teknologi secara berkelanjutan, dan penyederhanaan sistem aplikasi untuk menjamin keberlanjutan pemberdayaan relawan dalam sistem pelayanan darurat kebakaran berbasis masyarakat.

References

Afifah, A., & Syarah, M. M. (n.d.). STRATEGI HUMAS BADAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA DALAM UPAYA OPTIMALISASI PENERIMAAN PAJAK DAERAH. https://bprd.jakarta.go.id/wp-

Alfiansyah, R. (2023). Modal Sosial sebagai Instrumen Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 10(1), 41–51. https://doi.org/10.24036/scs.v10i1.378

Arthawati, & Mevlanillah. (2023). PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN PENGELOLAAN KAMPUNG KB UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT DESA BALE KENCANA KECAMATAN MANCAK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10). http://www.bps.go.id

Barkah, A., Mardiana, T., & Japar, M. (2020). ANALISIS IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PKN. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3426

Chumaeson, W., Damayanto, A. P., & Larsono, J. (n.d.). PERAN HUMAS MPR RI DALAM SOSIALISASI 4 PILAR KEBANGSAAN.

Devi, N. (2022). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PADA BISNIS PERHOTELAN BERBASIS SYARI’AH DI G HOTEL SYARI’AH KOTA BANDAR LAMPUNG. Ilmu Komunikasi. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21811

Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5632

Fadhallah. (2021). WAWANCARA (Fadhallah, Ed.; 1st ed., Vol. 1). https://www.google.co.id/books/edition/WAWANCARA/rN4fEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Faridah, S. (2020). EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN CITRA PUBLIK LEMBAGA PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMIC COVID-19. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(02).

fitri, adisty, sutarjo, & karyawati, lilis. (2022). studi kepustakaan nazir. Konsep Pendidikan Islam Menurut K.H. Ahmad Dahlan.

Fitria, A. R., & Pratikto, R. G. (n.d.). PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM LAYANAN ADUAN KONTEN ABSTRACT THE ROLE OF PUBLIC RELATIONS (PR) THE MINISTRY OF COMMUNICATIONS AND INFORMATICS IN DISSEMINATING THE CONTENT COMPLAINS PROGRAM.

Hidayat, C., & Abduh, M. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Makanan Berbahan Dasar Singkong yang diolah Secara Tradisional dan Kekinian *Candra Hidayat dan Mohammad Syaltut Abduh. In Jurnal Ilmiah Pariwisata (Vol. 25, Issue 1). https://jabarprov.go.id/

KEPUTUSAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 364.1-306 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PEMBINAAN RELAWAN PEMADAM KEBAKARAN (2020).

lioni, & sari. (n.d.). Analisis Fungsi Media Instagram bagi Promosi Felize Beauty Bar.

Meliala, R. M. (2021). Strategi Marketing Public Relations PT Lotte Indonesia dalam Memperingati Hari Ibu. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 3(2), 128–145.

Meliala, R. M., & Yanah, Y. (2020). Strategi Humas Polresta Depok Dalam Melayani Masyarakat Melalui Aplikasi Halo Polisi. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 3(1), 63–75. https://doi.org/https://doi.org/10.24076/PIKMA.2020v3i1.356

Nila Tsamara, A., & Nugraha, J. (n.d.-a). Penerapan Service Excellence Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Humas Pemerintah Kota Surabaya (Studi Pada Koridor Co-Working Space). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Nila Tsamara, A., & Nugraha, J. (n.d.-b). Penerapan Service Excellence Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Humas Pemerintah Kota Surabaya (Studi Pada Koridor Co-Working Space). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Nurzanah. (n.d.). DOKUMENTASI NURZANAH.

open data jabar. (2024). Jumlah Kejadian Bencana Kebakaran Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. 2024. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-kejadian-bencana-kebakaran-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat

Permini, & Atmaja. (n.d.). PERAN HUMAS DALAM KEGIATAN PUBLIKASI ONLINE PEMERINTAH DI KABUPATEN BADUNG. Jurnal MODERAT, 8(3).

Permini, N., & Atmaja, I. (2022). PERAN HUMAS DALAM KEGIATAN PUBLIKASI ONLINE PEMERINTAH DI KABUPATEN BADUNG. Jurnal MODERAT, 8(3). https://doi.org/https://doi.org/10.25157/moderat.v8i3.2773

Pratama. (2023). PERAN HUMAS PERUMDAM TIRTA WIJAYA KABUPATEN CILACAP DALAM MELAYANI PELANGGAN.

Putri, Y. D., & Sutarjo, M. (2023). Strategi Humas Pemerintahan Kota Bandung dalam Mengelola Media Sosial Instagram @humas_bandung. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5). https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1587

Raintung, A., Sambiran, S., & Sumampow, I. (2021). pemberdayaan suharto.

Sulistyawati, S. P., Setiawan, A., & Munawaroh, S. (2025). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH PEMERINTAH DESA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MELALUI DESA WISATA DI DESA KERTAWANGI KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT. https://doi.org/10.36859/jp.v2i1.3356

Suryani, I., Bakiyah, H., & Isnaeni, M. (2020). Strategi Public Relations PT Honda Megatama Kapuk Dalam Customer Relations. Journal Komunikasi, 11(2). https://doi.org/10.31294/jkom

Sutangsa, & Suryana, E. (2023). PERENCANAAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMBENTUKAN RELAWAN PEMADAM KEBAKARAN DI KABUPATEN SUBANG: SEBUAH TINJAUAN. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 1(1).

Syarief, F., & Alkaff, N. B. (2020). Program CSR PT BANK RAKYAT INDONESIA, TBK Dalam Memperbaiki Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia. 1.

Downloads

Published

16-10-2025

Issue

Section

Articles