Prinsip dan Implementasi Management by Objective dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi

Authors

  • Adam Maulana Yusvan Universitas Almarisah Madani
  • Abdul Razak Sabara Universitas Almarisah Madani
  • Alamsyah Yasir Universitas Almarisah Madani

DOI:

https://doi.org/10.70052/juma.v3i1.1006

Keywords:

Management by Objective, Sistem Penjaminan Mutu Internal, Perguruan Tinggi

Abstract

Bergerak di bidang jasa pendidikan, perguruan tinggi harus mampu memenuhi harapan dan keinginan dari berbagai pihak. Tantangan ini membuat pemerintah mensyaratkan perguruan tinggi untuk menjalan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023. Ketidakmampuan perguruan tinggi untuk menjalankan sistem ini dapat berdampak terhadap kepuasan pemangku kepentingan dan akreditasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji SPMI di Universitas Almarisah Madani dan implementasi Management by Objective (MBO) dalam prosesnya. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, dan dianalisis berdasarkan tahapan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi, penampilan, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Universitas Almarisah Madani menjalankan SPMI dengan siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan) dengan mengimplementasikan prinsip dalam MBO, yaitu keselarasan dengan tujuan, sasaran kinerja yang spesifik, pengambilan keputusan partisipatif, penetapan tenggat waktu, serta evaluasi dan umpan balik. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat meneliti implementasi dan dampak MBO terhadap performa organisasi untuk universitas.

 

Engaged in the field of educational services, universities must be able to meet the expectations and desires of various parties. This challenge has led the government to require universities to implement an Internal Quality Assurance System (SPMI) in accordance with the Regulation of the Minister of Education, Culture, Research and Technology Number 53 of 2023. The inability of universities to implement this system can impact to  stakeholder satisfaction and accreditation. This study was conducted to examine SPMI at Almarisah Madani University and the implementation of Management by Objective (MBO) in the process. This research was conducted using a descriptive qualitative approach. Data were collected through in-depth interviews and documentation, and analyzed based on the stages outlined by Miles and Huberman: data reduction, data display, verification, and conclusion. Based on the research results, Almarisah Madani University implements SPMI with the PPEPP (Establishment, Implementation, Evaluation, Controlling, and Improvement) cycle and implementing the principles of MBO, which are goal alignment, specific performance objectives, participatory decision-making, time-bound, also evaluation and feedback. It is hoped that further research can examine the implementation and impact of MBO on university’s organizational performance.

References

Arianto, B. (2024). Triangulasi metoda penelitian kualitatif. Borneo Novelty Publishing, Balikpapan

Drucker, P. F. (2020). The essential drucker. Routledge.

George, S., Al Jaber, M. K., Salem, M. J., & AlSaad, A. J. (2021, December). The impact of management by objectives on employee behaviour and performance. In 2021 International Conference on Decision Aid Sciences and Application (DASA) (pp. 176-181). IEEE.

Hasan, H., Bora, M. A., Afriani, D., Artiani, L. E., Puspitasari, R., Susilawati, A., & Hakim, A. R. (2025). Metode penelitian kualitatif. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Hudaya, A. (2025). SPMI Sebagai Pilar Pengembangan Mutu Berkelanjutan di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 4(2), 178-189.

Kontz, H., and O'Donnel, C. (1976), Management, Tokyo: McGraw Hills Inc.

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2002). Building a practically useful theory of goal setting and task motivation: A 35-year odyssey. American psychologist, 57(9), 705.

Maciariello, J. A. (2018). Drucker, Peter: The Drucker Strategic Management System. In The Palgrave Encyclopedia of Strategic Management (pp. 431-440). Palgrave Macmillan, London.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Ogbeiwi, O. (2021). General concepts of goals and goal-setting in healthcare: A narrative review. Journal of Management & Organization, 27(2), 324-341.

Ogochukwu, O. E., Amah, E., & Okocha, B. F. (2022). Management by objective and organizational productivity: A literature review. South Asian Research Journal of Business and Management, 4(3), 99-113.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Diakses pada tanggal 7 Juni 2025 di https://peraturan.bpk.go.id/Details/265158/permendikbudriset-no-53-tahun-2023

Putrie, R. A., Wijaya, M. A., Hudiyah, D., & Patoni, K. S. (2025). Analisis Penerapan Management By Objectives Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), 4738-4745.

Ramadhan, M. A., & Setyaningsih, R. (2025). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Perguruan Tinggi. Jurnal Kependidikan Islam, 15(1), 23-33.

Rifazka, A., Darmantoro, D., & Setiawan, E. B. (2009). Penilaian Performansi Kerja Account Manager Dengan Menggunakan Metode Mbo (Management By Objective) Dan Rich (Rank Inclusion In Criteria Hierarchies). In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Sularno, M., Wasliman, I., Muchtar, H. S., & Warta, W. (2022). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(001).

Tinambunan, A. P. (2024). Implementasi Manajemen Kinerja Di Unika Santo Thomas Medan. Kukima: Kumpulan Karya Ilmiah Manajemen, 171-188.

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Diakses pada tanggal 8 Juni 2025 di https://peraturan.bpk.go.id/Details/39063/uu-no-12-tahun-2012

Wijaya, D. (2022). Pemasaran jasa pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Downloads

Published

2025-11-02

Issue

Section

Articles