Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-Commerce Shopee di Jakarta Barat

Authors

  • Sofi Muarofah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rani Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/juma.v3i1.1047

Keywords:

Harga, Kualitas produk, Keputusan pembelian

Abstract

Perkembangan pesat internet telah mendorong pertumbuhan e-commerce, sehingga menyebabkan pergeseran minat masyarakat, khususnya dalam pengambilan keputusan pembelian. Diantara berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan Pembelian konsumen, harga dan kualitas produk menjadi aspek utama yang sering menjadi petimbangan. Meskipun telah banyak penelitian serupa, sebagian besar hanya berfokus pada konteks wilayah dan platform e-commerce yang berbeda. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan penelitian dalam memahami keputusan pembelian konsumen pada platform e-commerce Shopee di wilayah tertentu, khususnya Jakarta Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden pengguna aktif Shopee. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dengan nilai sebesar thitung 6.394 > ttabel 1.986. Selain itu, kualitas produk juga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dengan nilai thitung 9.982 > ttabel 1.986. Secara bersama sama, variabel harga dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan pada platform e-commerce Shopee di Jakarta Barat dengan nilai Fhitung 52.920 > Ftabel 3.09.

 

The rapid development of the internet has driven the growth of e-commerce, causing a shift in people's interests, especially in making purchasing decisions. Among the various factors that influence consumer purchasing decisions, price and product quality are the main aspects that are often considered. Although there have been many similar studies, most of them only focus on the context of different regions and e-commerce platforms. This indicates a research gap in understanding consumer purchasing decisions on the Shopee e-commerce platform in certain areas, especially West Jakarta. This study aims to analyze the effect of price and product quality on purchasing decisions partially and simultaneously. The research method uses a quantitative approach with data collection through questionnaires distributed to 96 active Shopee user respondents. The data collected was then analyzed using multiple linear regression. The results of the study showed that price had a positive and significant effect partially with a value of t count 6,394> t table 1,986. In addition, product quality also had a positive and significant effect partially with a value of t count 9,982 > t table 1,986. Together, the price and product quality variables have a positive and significant effect on the Shopee e-commerce platform in West Jakarta with an Fcount value of 52.920 > Ftable 3.09.

References

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206

Aprelyani, S., Ali, H., & Hadita. (2024). Pengaruh Harga , Kualitas Produk dan Minat Beli Produk Skincare Somethinc Terhadap Keputusan Pembelian di E- Commerce Shopee pada Generasi Z. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran (JMPD), 2(3), 163–173. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3.177

Arfah, Y., Nasution, B., & Siregar, R. J. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional. https://books.google.co.id/books?id=nTxlEAAAQBAJ

Basar, K., Zulher, & Azhari. (2021). Pengaruh Harga, Produk Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Cuka Karet Pada Ud. Bulan Bintang Desa Ranah Air Tiris. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 3(1), 137–148. https://doi.org/10.55768/jrmi.v3i1.74

Fadillah, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Dealer Yamaha Suryanata Amuntai. Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.36658/ijan.5.2.104

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, S. (2020). Statistika Penelitian Manajemen. In Pelayanan Kesehatan. LP3M UMY. https://doktormanajemen.umy.ac.id/wp-content/uploads/2021/04/5.-startistika.pdf

Lilis Feronicha, & Wasino. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Skinare Skintific di E-commerse Shopee. ECo-Buss, 7(2), 992–1009. https://doi.org/https://doi.org/10.32877/eb.v7i2.1600

Maiza, F., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2022). Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Nazurah Hijab Di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen Dan Bisnis), 4(2), 375–386. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/584

Marnilin, F., Mutmainah, I., Yulia, I. A., & Mahfudi, A. Z. (2022). Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan Implementasi Program MBKM. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.936

Mufid Suryani, Nida Nusaibatul Adawiyah, & Erlin Beliya Syahputri. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i1.416

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan

Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.

Pangaribuan, H. (2023). Pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset Pada PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Periode 2012 - 2021. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(5), 2035–2043. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i5.1530

Pratiwi, G., & Lubis, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(3), 121–134. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i3.83

Putri, A. D., Ahman, Hilmia, R. S., Almaliyah, S., & Permana, S. (2023). Pengaplikasian Uji T Dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1978–1987. https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.527

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Kedu). Penerbit Alfabeta.

Talunohi, H., Hardilawati, W. L., Fikri, K., Luthfi, M., Melina, E., & Farhat, L. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Merdeka Emba, 1(1), 24–34. https://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/585

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. In Cv Science Techno Direct. CV Science Techno Direct.

Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., & Yasa, I. G. D. (2022). Keputusan pembelian e-commerce selama pandemi: persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, harga, dan sikap konsumen. Jurnal Manajemen, 14(1), 26–37. https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i1.10993

Downloads

Published

2025-10-31

Issue

Section

Articles