Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Platform TikTok Shop by Tokopedia
DOI:
https://doi.org/10.70052/juma.v3i1.1048Keywords:
Promosi, Harga, Keputusan Pembelian, TikTok Shop by TokopediaAbstract
Perkembangan era digital telah mendorong perubahan besar dalam perilaku belanja konsumen. Media sosial kini tidak hanya befungsi sebagai sarana komunikasi, tetapi juga berkembang sebagai platform perdagangan digital, salah satunya adalah TikTok Shop by Tokopedia. Persaingan ketat antar e-commerce menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi promosi yang efektif dan penetapan harga yang kompetitif guna memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada platform TikTok Shop by Tokopedia di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 100 reponden pengguna Tiktok Shop by Tokopedia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 5.820 > ttabel 1,984, harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 3.934 > ttabel 1,984 dan secara simultan promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung 47.408 > Ftabel 3,09.
The development of the digital era has driven major changes in consumer shopping behavior. Social media now functions not only as a means of communication but also as a digital commerce platform, one of which is TikTok Shop by Tokopedia. Tight competition among e-commerce companies requires companies to implement effective promotional strategies and competitive pricing to influence consumer purchasing decisions. The purpose of this study was to determine the effect of promotions and prices on consumer purchasing decisions on the TikTok Shop by Tokopedia platform in West Jakarta. This study used a quantitative approach with a data collection method through the distribution of questionnaires distributed to 100 respondents who are TikTok Shop by Tokopedia users. The sampling technique used was nonprobability sampling with a purposive sampling method. Data analysis was carried out through data quality tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis tests, hypothesis tests and coefficient of determination tests with SPSS version 23. The results of the study showed that promotion partially had a positive and significant effect on purchasing decisions with a calculated t value of 5,820 > t table 1.984, price partially had a positive and significant effect on purchasing decisions with a calculated t value of 3,934 > t table 1.984 and simultaneously promotion and price had a positive and significant effect on purchasing decisions with an F calculated value of 47,408 > F table 3.09.
References
Agustiningsih, L., & Hartati, R. (2023). Pengaruh Promosi, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan pada Layanan Shopee Food di D.I Yogyakarta. 4(2), 13–30.
Amelia, D., Setiaji, B., Jarkawi, J., Primadewi, K., Habibah, U., Peny, T. L., Rajagukguk, K. P., Nugraha, D., Safitri, W., Wahab, A., Larisu, Z., & Dharta, F. Y. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Metpen. https://penerbitzaini.com/
Andriani, Z., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi TerhadapKeputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop padaPengguna Aplikasi Tiktok. Bursa: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 209–220.
Budiarti, A., & Arifin, F. N. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Sakinah Supermarket Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(12), 1–20.
Ghozali, I. (2021). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911
Intan, D. E. I. P., & Ely, E. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Ponorogo di Marketplace Lazada. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 3(1), 214–236. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v3i1.2011
Khumaeroh, F. A., Yanusa, N., Yulianto, A., Riono, S. B., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus di Toko Kosmetik Levina Beauty Brebes). JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(4), 1–14.
Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326
Maulana, A., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador Dan Kualitas ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(9), 1–17.
Melpiana, E., & Sudarajat, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms Glow Beauty. Management and Accounting Expose, 5(1), 106–118. https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.599
Mumu, S. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kfc Girian. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(1), 1–23. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/biemr/article/view/152
Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., Priadi, A., Subroto, I., Rahayuningsih, R., Lestari, R., Kusamandari, S., Yuliasari, R., Astuti, D., Latumahina, J., Purnomo, M. W., & Zede, V. A. (2021). Stastitika Seri Dasar Dengan SPSS. In Media Sains Indonesia : Bandung. http://www.penerbit.medsan.co.id/
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In P. C. Ambarwat (Ed.), Cv. Wade Group (1st ed.). CV. Wade Group.
Rukmayanti, R., & Fitriana, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 206–217. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i2.6671
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatf Kualitatf. In Sutopo (Ed.), Sustainability (Switzerland) (5th ed., Vol. 11, Issue 1). Alfabeta Bandung.
Triyana, I. (2024). Dari Scroll Sampai Checkout: Begini Cara Iklan Digital Memengaruhi Belanja Anak Muda di 2024.https://goodstats.id/article/dari-scroll-sampai-checkout-begini-cara-iklan-digital-memengaruhi-belanja-anak-muda-di-2024-NxHPb
Vikaliana, R., Pujianto, A., Mulyati, A., Fika, R., Ronaldo, R., Reza, H. K., Ngii, E., Dwikotjo, F., Suharni, & Ulfa, L. (2022). Ragam Penelitian dengan SPSS. In Tahta Media Group.
Wulan, S. A. (2024). Tiktok kalahkan Tokopedia di paruh pertama 2024, Shopee tak terkejar. https://www.alinea.id/bisnis/tiktok-kalahkan-tokopedia-shopee-tak-terkejar-b2kEs9Q2P
Zahriyah, A., Suprianik, Parmono, A., & Mustofa. (2021). Ekonometrika Teknik Dan Aplikasi Dengan SPSS. In Mandala Press. Mandala Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2026 Natasha Nurafipah, Mohammad Amas Lahat, Dani Chandra Utama (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



