Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Wardah di Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.70052/juma.v3i1.1049Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Tren kecantikan dan perawatan kulit telah berkembang pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan kulit dan kecantikan wajah. Setelah berkembangnya tren industri kecantikan dan perawatan, persaingan antar perusahaan perawatan dan kecantikan juga semakin ketat. Harga dan kualitas produk menjadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Wardah di Jakarta Barat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa harga secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, secara simultan harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Beauty and skincare trends have grown rapidly along with increasing public awareness of the importance of maintaining healthy skin and facial beauty. Following the development of beauty and skincare industry trends, competition between skincare and beauty companies has also become increasingly fierce. Price and product quality are important factors influencing consumers' purchasing decisions. The purpose of this study is to determine the influence of price and product quality on purchasing decisions for Wardah products in West Jakarta. This study employs a quantitative research method using a survey approach, where data was collected from 100 respondents who are consumers of Wardah products in West Jakarta through a questionnaire. The study utilised SPSS Version 26 software for data analysis. The results of this study prove that price partially has (α = 0.003 and t-count = 3.013) has a positive and significant effect on purchasing decisions, while product quality partially has (α = 0.000 and t-count = 4.329) a positive and significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, price and product quality (α = 0.000 and f-count = 79.755) have a positive and significant effect on purchasing decisions. This implies that the most effective marketing strategy should focus on an optimal balance between competitive pricing and the provision of excellent product quality, as these two elements work together to influence consumer purchasing interest.
References
Anugrah, R., Amaylia, P., Oktaviana, W. D., Annafi, I., & Fathoni, M. Y. (2024). Tren Konsumsi Skincare di Kalangan Mahasiswa Berdasarkan Penelusuran Merek Skincare Terpopuler di Kabupaten Banyumas.
Aprilia, N., & Tukidi. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Senayan City. Jurnal Manajemen, 6(1), 34–46. https://doi.org/10.54964/manajemen.v6i1.160
Dharma, E. A., Bastian, M. I., & Perdana, A. (2025). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Es Teh Solo oleh Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. 8(1), 79–86.
Erlista, S., Priyono, A. A., & Rahman, F. (2025). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswa Feb Universitas Islam Malang). 12(02), 221–232. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/viewFile/29023/21946
Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Universitas Diponegoro
Kemenperin. (2025). Kemenperin Gadang Potensi Industri Kosmetik Semakin Gemilang. https://ikm.kemenperin.go.id/kemenperin-gadang-potensi-industri-kosmetik-semakin-gemilang?utm_source=chatgpt.com
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Mardiayanti, & Andriana, A. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Serta Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus pada Mahasiswa Administrasi Bisnis). 10(3), 1091–1109.
Martianto, I. A., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370–1385. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3543
Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju Batik Di Toko “Florensia” Kota Sawahlunto. 1, 13–24.
Ngandoh, A., Imran, U., & Andarias, S. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlet Whitening DiKota Makassar. c.
Priyastama, R. (2017). Buku Sakti Kuasai SPSS. Bantul : Start Up
Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga , Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. 08, 98–104.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. 3(2), 96–102.
Yusuf, M., & Aksa, S. (2022). Pengaruh Keterampilan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Pengembangan Karir Karyawan Pada CV. SKS BIMA. 11(1), 105–115.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2026 Latifatu Zahrah, Mohammad Amas Lahat, Dani Chandra Utama (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



