Analisis Pengaruh Uang Muka Pembelian Terhadap Realisasi Pembelian Pada PT Distributor Gadget Indonesia

Authors

  • Widya Eka Syafitri Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hasanudin Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/juma.v1i1.371

Keywords:

Purchase advances, Purchase realization, Gadget distributors

Abstract

PT Distributor Gadget Indonesia adalah perusahaan distributor yang bergerak dibidang penyediaan produk handphone, laptop, dan gadget. Salah satu sistem pembelian barang dagangnya ialah pembelian online di toko-toko resmi yang terdapat di marketplace. Realisasi pembelian atas uang muka pembelian pada sistem ini, sering mengalami pengembalian dana karena pesanan yang tidak sesuai. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh uang muka pembelian terhadap realisasi pembelian pada PT Distributor Gadget Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive dengan total sampel 165 transaksi pesanan yang mengalami pengembalian dana. Data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS yaitu dengan menganalisis data deskriptif, uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, analisis regresi sederhana, dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas dari penelitian ini memiliki nilai signifikan 0,057 > 0,050 dan grafik normalitasnya memiliki titik-titik ploting yang terus menerus mengikuti dan mendekati garis diagonalnya. Hasil analisis regresi sederhana dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh antara uang muka pembelian terhadap realisasi pembelian dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan berpengaruh kuat sebesar 14,4%. Hasil uji T hitung 5,247 > T tabel 1,974 dan hasil uji F hitung 27,527 > F tabel 3,90 yang memiliki arti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang memperkuat hasil bahwa uang muka pembelian berpengaruh terhadap realisasi pembelian pada PT Distributor Gadget Indonesia.

 

PT Distributor Gadget Indonesia is a distributor company engaged in the supply of mobile phones, laptops and gadgets. One of the systems for purchasing merchandise is online purchases at official stores in the marketplace. Realization of purchases on purchase advances on this system, often experience refunds due to orders that are not appropriate. Therefore, this study aims to determine the effect of purchase advances on the realization of purchases at PT Distributor Gadget Indonesia. The sampling technique used was purposive sampling, with a total sample of 165 order transactions that experienced refunds. The data that has been obtained is processed using the SPSS application which consists of descriptive data analysis, normality test, autocorrelation test, heteroscedasticity test, simple regression analysis, and hypothesis testing. The results of the normality test from this study have a significant value of 0.057 > 0.050 and the normality graph has plot points that always follow and approach the diagonal line. The results of simple regression analysis from this study note that there is an influence between purchase advances on actual purchases with a significant value of 0.000 < 0.05 and a strong effect of 14.4%. The results of the T test count 5.247 > T table 1.974 and the results of the F test count 27.527 > F table 3.90 which means that H0 is rejected and H1 is accepted which strengthens the result that purchase advances affect the realization of purchases at PT Distributor Gadget Indonesia.

References

Amalia, N., Azis, R., Akib, H., Baharuddin, A., Aslinda, A., & Guntur, M. (2022). Pengaruh Kebijakan Uang Muka (Down Payment) Terhadap Tingkat Volume Penjualan Kredit Sepeda Motor Di PT. Pegadaian (Persero). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.26858

Djohan, A. J. (2016). Manajemen Strategi Pembelian. Media Nusa Creative.

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Novitasari, & Fitriana, R. (2019). Sistem dan Prosedur Pelaksanaan Simpan Pinjam Pada Koperasi Karyawan RSU Bina Sehat. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 10(3), 58–71.

Octora Marpaung, A., & Syumanjaya Hasibuan, R. (2018). Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Uang Muka Kredit (Down Payment) Terhadap Permintaan Mobil Di Kota Medan. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(11).

Rahayu, S., Rokan, S. H., & Elviani, S. (2015). Pengantar Akuntansi - 1. Perdana Publishing.

Rahmiyanti, S. (2022). Pengaruh Uang Muka Dan Lama Angsuran Terhadap Penjualan Motor Honda Pada Dealer Honda Nyapah Kecamatan Walantaka - Kota Serang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(01), 132–147. https://doi.org/10.47080

Ramadintya, N. T., Saptono, Hendro, & Njatrijani, R. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Biro Perjalanan Wisata Pada Saat Pandemi Covid 19 Di Kota Semarang. Universitas Diponegoro.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.

Wibisono, W. (2018). Analisis Pengaruh Kebijakan Minimal Uang Muka Kredit (Down Payment) Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Di Kabupaten Jombang. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles