Analisis Pembelian Barang Dagang Serta Pengadaan Barang Pada CV Kemenangan Jaya Trading
DOI:
https://doi.org/10.70052/juma.v1i2.407Keywords:
Purchase of Goods, Procurement of Goods, Qualitative ResearchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dalam pembelian dan pengadaan barang. Pembelian barang merupakan kegiatan membeli barang dagang dari pihak lain baik toko, maupun instansi lainnya yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan untuk memperoleh suatu barang. Sistem pembelian barang disuatu instansi perusahaan dagang sangat penting. Dimana setiap instansi perusahaan dagang memerlukan kebutuhan berbagai macam barang dagang untuk menjalankan kegiatan penjualan. Sebelum melaksanakan pembelian barang memerlukan beberapa langkah persiapan khusus pengadaan barang yaitu seperti form request permintaan barang dagang yang dibuat sebagai langkah awal dalam melakukan pengadaan barang kemudian dilanjutkan dengan tahapan pembelian barang dagang sesuai permintaan barang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik penelitian yang diambil menggunakan kuantitatif non statistik dengan menggunakan sampel jenuh (Purposive Sampling), yang berkaitan dengan pengolahan data secara mendalam dengan data dari hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi tentang pembelian barang dagang serta pengadaan barang dagang pada perusahaan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh tentang penelitian pembelian barang dagang di CV Kemenangan Jaya Trading, Jakarta. Pengelolaan Persediaan Barang merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan penjualan pada CV Kemenangan Jaya Trading Jakarta karena tanpa dikelola dengan baik maka perusahaan tidak mengetahui kapan akan memesan dan mengeluarkan barang sehingga dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan.
This study aims to determine the stages in the purchase and procurement of goods. Purchasing goods is an activity of buying merchandise from other parties, both shops and other agencies, the process of which starts from planning the need to obtain an item. The system of purchasing goods in a trading company agency is very important. Where each trading company agency requires the needs of various kinds of merchandise to carry out sales activities. Before carrying out the purchase of goods requires several steps of special preparation for the procurement of goods, such as a request form for a request for merchandise which is made as the first step in procuring goods and then proceed with the stages of purchasing merchandise according to the request for goods. This study uses a qualitative research approach. The research technique used is quantitative non-statistical using a saturated sample (Purposive Sampling), which deals with in-depth data processing with data from observations, interviews, and documentation regarding the purchase of merchandise and the procurement of merchandise at the company to obtain an overall picture of research on purchasing merchandise at CV Kemenangan Jaya Trading, Jakarta. Goods Inventory Management is one of the factors that play a role in increasing sales at CV Victory Jaya Trading Jakarta because without good management the company does not know when to order and issue goods so that it can cause losses to the company.
References
Afifah, V., & Setyantoro, D. (2021). Rancangan Sistem Pemilihan dan Penetapan Harga dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa Logistik Berbasis Web. Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA, 5(2), 108–117.
Ardiansyah. (2020). Pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawan PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(4),459–467. http://ejournal.uika- bogor.ac.id/index.php/Manager/article/view/3915/2251
Aryadi, H., & Wahyuni, W. (2019). Tinjauan Prosedur Pembelian Barang di Bagian Purchasing pada PT. Duraconindo Pratama Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(02), 225–236. https://doi.org/10.36406/jam.v16i02.244
Hamkah, H., & Purwanto, H. (2018). Kajian Etika Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jurnal Simetrik, 8(2), 107. https://doi.org/10.31959/js.v8i2.182
Hidayati, N., & Mulyadi, J. M. V. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fraud Dalam Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 4(02), 274–293. https://doi.org/10.35838/jrap.v4i02.201
Leatemia, S. Y., & Febryanti, N. F. (2020). Pengaruh Pengendalian Internal Dan Komitmen Organisasi Terhadap Pengadaan Fraud Pengadaan Barang (Studi Empiris pada Rumah Sakit Pemerintah di Kota Ambon). Arika, 14(1), 15–22. https://doi.org/10.30598/arika.2020.14.1.15
Melaguhti, D. A., Kantun, S., & Hartanto, W. (2021). Analisis sistem informasi akuntansi pembelian barang dagang pada UD Mentari Jaya Putra Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15(2), 278–286. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.18713
Munawir, H., & Nugroho, E. wahyu. (2020). Analisis Faktor-Faktor Pemilihan 46 Supplier Dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Seminar Nasional IENACO, 1–8.
Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger-Brändle, E., Riva, C. E., Hardarson, S. H., Stefansson, E., Yard, W. N., Newman, E. A., & Holmes, D. (2019). Efektivitas Pengadaan Barang Dan Jasa Berbasis Elektronik (E-Procurement) Di Kabupaten Tegal. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.
Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. CV Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Egi Utami, Niken Herawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.