Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Amaliyah Yulianti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fajri Ariandi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/juma.v1i2.421

Keywords:

Firm Size, Profitability, Company Value

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia SubSektor Makanan dan Minuman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif statistik. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website Perusahaan. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh ukurn sampel sebanyak 14 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa variabel ukuran Perusahaan dan leverage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

This study aims to determine the effect of size firm, leverage and profitability on company value in companies listed on the Indonesian Stock Exchange in the Food and Beverages sub-sector. This research is a type of statistical quantitative research. The type of data used is secondary data obtained from www.idx.co.id and the company’s website. The sample for this study was determined using the purposive sampling method and obtained a sample size of 14 company listed on the Indonesia Stock Exchange for the perioed 2018-2022. The data analysis method use this study is multiple linear regression analysis. Statistical test result show that firm size and leverage don’t have a significant effect on firm value, while profitability has a significant effect on firm value.

References

Adnyana, I. (2020). Manajemen Investasi Dan Portofolio. LPU-UNAS. Jakarta.

Anwar, M. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Kencana.

Efendi, M. J., & Dewianawati, D. (2021). Manajemen Keuangan (Cetakan Pe). Bintang Pustaka Mandani.

Hairi, T. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2013-2017. Tirtayasa Ekonomika, 14(2), 171. Https://Doi.Org/10.35448/Jte.V14i2.4743

Harmono. (2014). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, Dan Riset Bisnis (1st Ed.). Pt Bumi Aksara.

Hayat, A., Hamdani, Azhar, I., Yahya, M. N., Delsie, C. H., Ardiany, Y., Rinanda, Y., Nurlaila, Ikhsan, A., & Noch, M. Y. (2021). Manajemen Keuangan 1. Madenatera.

Indrarini, S. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba. Scopindo Media Pustaka.

Kemenperin (2022). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57% di Kuartal III-2022. Kementrian Perindustrian. Retrieved November(2022). https://kemenprin.go.id/artikel/23696/Kemenperin:-Industri-Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022.

Kasmir. (2014). Pengantar Manajemen Keuangan (Edisi 2). Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (21st Ed.). Alfabeta.

Sumardi, R. & Suharyono (2020). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. LPU-UNAS. Jakarta

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles