Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Jasa Publik Asrori & Rekan

Authors

  • Afida Firya Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rakhmat Hadi Sucipto Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/juma.v2i1.520

Keywords:

Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di Kantor Jasa Penilai Publik Asrori & Rekan. Motivasi kerja dipandang sebagai faktor internal yang mendorong karyawan untuk mencapai tujuan mereka, sedangkan kepuasan kerja mencerminkan perasaan positif terhadap pekerjaan dan lingkungan kerja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai metode analisis data model regresi linear berganda dan data diolah menggunakan SPSS versi 29 untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Motivasi Kerja memiliki nilai t hitung sebesar 1,747 > nilai t tabel 2,048 dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,092 < 0,05 secara parsial motivasi kerja tidak memiliki pegnaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja memiliki nilai thitung sebesar 3,894 < nilai ttabel 2,048 dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,001 > 0,05 secara parsial kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan dan Motivasi kerja dan Kepuasan kerja memiliki nilai Fhitung 11,446 > Ftabel 3,35 dengan nilai (Sig.) sebesar 0.001 > 0,05 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

 

This study investigates the effect of work motivation and job satisfaction on employee performance at the Asrori & Rekan Public Appraisal Services Office. Work motivation is seen as an internal factor that drives employees to achieve their goals, while job satisfaction reflects positive feelings towards work and the work environment. The research method uses a quantitative approach by using the multiple linear regression model data analysis method and the data is processed using SPSS version 29 to evaluate the relationship between these variables. The results of this study prove that Work Motivation has a t value of 1.747> t table value of 2.048 with a significance value (Sig.) of 0.092 <0.05 partially work motivation does not have a significant effect on employee performance. Job satisfaction has a tcount value of 3.894 < ttable value 2.048 with a significance value (Sig.) of 0.001> 0.05 partially job satisfaction has a significant effect on employee performance and work motivation and job satisfaction have an Fcount value of 11.446> Ftable 3.35 with a value (Sig.) of 0.001> 0.05 simultaneously has a significant effect on employee performance.

References

Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja , Lingkungan Kerja , Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. 4(1), 47–62.

Afipah, N., & Septiani, Y. (2024). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Lion Express Cabang Kedoya Selatan. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 4(4), 51-61. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/2369

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15-31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624

Anwar, H. (2021). Uji multikolinearitas. https://www.statistikian.com/2016/11/uji-multikolinearitas.html

Endra, T. S. S. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Dazzel Yogyakarta. Among Makarti, 14(2). http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/218

Hidayat, R. (2021). Pengaruh Motivasi , Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja. 5(1), 16–23.

Ilham fikriyansyah. (2023). Kuesioner. https://www.detik.com/bali/berita/d-6580991/kuesioner-adalah-metode-pengumpulan-data-ketahui-jenis-dan-contohnya

Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling ( Kuantitatif ), Serta Pemilihan Informan Kunci ( Kualitatif ) dalam Pendekatan Praktis. 7, 26320–26332.

Putri, G. A., & Widiyanto, G. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Gunung Mandiri Internusa. Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 1–11. http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/jimbi

Qothrunnada, K. (2022). Penelitian Kuantitatif : Pengertian,Prosedur dan Jenisnya . https://www.detik.com/bali/berita/d-6437769/penelitian-kuantitatif-pengertian-prosedur-dan-jenisnya

Saputra, A. R., & Parwoto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Karangmas Unggul Bekasi. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 211–226. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.617

Tarjo. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada RSUD H. Hanafie Muara Bungo). Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(1), 53–65.

Tri Finta, S. S. E. (2021). Jurnal PS 2. Among Makarti, 14 No. 2(2), 1–12.

Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342-351.

Ulfah, V. T. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja, 14–23. https://osf.io/preprints/inarxiv/wczd8

Wandi, D. (2019). 3,920 > t. Desain Penelitian. https://penerbitdeepublish.com/desain-penelitian/

Yusmaniar, T. R. (2023). Analisis Data : Definisi, Jenis, Metode dan Fungsi. . https://nolimit.id/blog/apa-itu-analisis-data-jenis-metode-hingga-fungsi/ (diakses tgl:17 September 2024)

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles