Pengaruh Pelatihan Kerja dan Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Karpetindo Gallery Mulia Jakarta

Authors

  • Annisa Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rani Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/juma.v2i3.531

Keywords:

Pelatihan kerja, Pelayanan, Kinerja karyawan

Abstract

PT Karpetindo Gallery Mulia Jakarta menyediakan bermacam-macam sajadah dan permadani (karpet) lokal dan import. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pelatihan Kerja dan Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan yang meliputi variabel independen dan dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling dengan menggunakan sampel jenuh (sensus), dengan menggunakan seluruh tenaga kerja PT Karpetindo Gallery Mulia Jakarta sebagai sampel penelitian. Data penelitian ini diolah menggunakan SPSS versi 26. Dari hasil penelitian diperoleh F hitung 43,573 > F tabel 2,86 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, bahwa Pelatihan Kerja (X1) dan Pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) pada PT Karpetindo Gallery Mulia Jakarta. Diketahui nilai Adjusted R-Square sebesar 0,686 maka pengaruh positif dan signifikan antara pelatihan profesional dan pelayanan terhadap kinerja karyawan pada PT Karpetindo Gallery Mulia Jakarta adalah sebesar 68,6% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan sisanya terdiri dari 3,14% dipengaruhi oleh variabel selain penelitian.

 

PT Karpetindo Gallery Mulia Jakarta provides a variety of local and imported prayer mats and rugs (carpets). This research aims to find out how much influence job training and services have on employee performance, which includes independent variables and dependent variables. The type of research method used is quantitative statistics. The population in this study was all 40 employees. The sampling technique that will be used in this research is Non Probability Sampling using a saturated sample (census) where the entire employee population of PT Karpetindo Gallery Mulia Jakarta will be used as the research sample. The data sources used in this research are primary data which contains observations, questionnaires, interviews and documentation. Meanwhile, secondary data in this research comes from reference books, research journals, the internet, and other sources related to the problem to be researched.  This research data was processed using SPSS version 26. From the research results, it was obtained that F count was 43.573 > F table 2.86 with a significant value of 0.000 < 0.05, that Job Training (X1) and Service (X2) simultaneously have a positive and significant effect on Employee Performance (Y) at PT Karpetindo Gallery Mulia Jakarta. It can be seen that the Adjusted R-Square value is 0.686, so there is a positive and significant influence between Job Training and Services on Employee Performance at PT Karpetindo Gallery Mulia Jakarta of 68.6% with a significance value of 0.000 and the remaining 3.14% is influenced by variables other than research.

References

Andayani, T. B. N., & Hirawati, H. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sdm Terhadap Kinerja Karyawan Pt Pos Indonesia Cabang Kota Magelang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 11. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.982

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis - Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. (Erang Risanto, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Dewi, P. E. S., & Rahmawati, P. I. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan Munduk Moding Plantation Nature Resort and Spa. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 221. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i2.27684

Hakim, M. (2019). Analisis Kinerja Karyawan Studi Kasus Pt. Reycom Dokumen Solusi. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 16(1). https://doi.org/10.34001/jdeb.v16i1.953

Halawa, S. (2023). Pengaruh Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Indomarco Prismatama. Akresi, 2, 2.

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129–147. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3650

Muzammil, V. K., Muzammil, M., Alfitri, N., & Vicky F. Sanjaya. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Revenue: Lentera Bisnis Manajemen, 2(01), 21–25. https://doi.org/10.59422/lbm.v2i01.162

Rahmah, C. A. (2020). , Dengan Jumlah Sampel Yaitu 87 Orang. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44.

Rochimin, & Sukrispiyanto. (2022). Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Akademika, 20(2), 100–106. https://doi.org/10.51881/jak.v20i2.18

Safitri, D. E. (2019). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dimensi, 8(2), 240–248. https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2154

Setyo Widodo, D., & Yandi, A. (2022). Model Kinerja Karyawan: Kompetensi, Kompensasi dan Motivasi, (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.1

Vidananda, N. K. P., & Setiawan, P. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Perusahaan Di Larissa Aesthetic Center Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(4), 333. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i04.p02

Wahyuningsih, S. (2019). Pengaruh Pelatihan dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Warta, 60(April), 91–96.

Yeni Setiani, W. D. F. (2023). Pengaruh Pelatihan Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Indomarco Prismatama Jakarta. Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 279–292. Retrieved from https://doi.org/10.51544/jmm.v7i1.2529

Downloads

Published

2025-03-06

Issue

Section

Articles