Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret

Authors

  • Maria Tresia Sibarani Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.70052/juma.v2i2.552

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi keputusan pembelian di Indomaret Camar Raya Kranggan. Keputusan pembelian merupakan proses di mana individu memilih perilaku yang paling sesuai dari beberapa alternatif, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kualitas pelayanan dan harga. Kualitas pelayanan mencakup kemampuan perusahaan dalam memenuhi harapan pelanggan sementara harga mencerminkan nilai kepuasan seseorang terhadap produk yang dibelinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak dari kedua faktor tersebut dalam konteks keputusan pembelian di toko tersebut. Penelitian ini dilakukan pada populasi pelanggan Indomaret Camar Raya Kranggan, dengan melibatkan 90 responden yang mengisi kuesioner. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah Accidental  sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert. Metode analisis statistik yang digunakan mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, korelasi, regresi linier berganda, koefisien determinasi, serta uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukan dari uji t yang menyatakan bahwa variabel kualitas pelayanan memengaruhi keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,219 lebih besar dari ttabel (1.987) atau nilai signifikasi uji t sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 (α=5%). Dan variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,784 lebih besar dari ttabel (1.987) atau nilai signifikasi uji t sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 (α=5%).

 

The paper's abstract templates are used as a guide for writing paper for publications in journals Bina Sarana Informatika. The paper writers must follow the instructions given in this paper. Abstract is restricted from 100-250 words in Indonesian Language and English Language (in italics), should not contain equations, pictures, and table. The letter size for abstract, keywords, and body papers is 10 points using Times New Roman font. In the abstract they contain prologue of the raised problem, the proposed method and the desired results (hypothesis). The number of pages in the manuscript is at least 6 pages, a maximum of 12 pages using A4 paper size with 1 (single) spacing. This research aims to identify how service quality and price influence purchasing decisions at Indomaret Camar Raya Kranggan. Purchasing decisions are a process in which individuals choose the most appropriate behavior from several alternatives, taking into account factors such as service quality and price. Service quality includes the company's ability to meet customer expectations while price reflects a person's satisfaction with the product they buy. The aim of this research is to explore the impact of these two factors in the context of purchasing decisions at the store. This research was conducted on the customer population of Indomaret Camar Raya Kranggan, involving 90 respondents who filled out a questionnaire. The method used in this research is accidental sampling. The research instrument uses a Likert scale. The statistical analysis methods used include validity tests, reliability tests, classical assumption tests, correlation, multiple linear regression, coefficient of determination, as well as t tests and F tests. The results of this research show that the t test states that the service quality variable influences purchasing decisions with a t value of 3.219 which is greater than t table (1.987) or a t test significance value of 0.002 which is smaller than 0.05 (α=5%). And the price variable has a positive effect on purchasing decisions with a t value of 3.784 which is greater than t table (1.987) or a t test significance value of 0.002 which is smaller than 0.05 (α=5%).

References

Iskandar, D., & Irfan Bahari Nasution, M. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 128–137. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3590

Iwan Kandori. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Di Indomart Tataaran Patar, Minimasa. Pendidikan Ekonomi.

Karundeng, V. A., Soegoto, A. S., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Indomaret Point Kawasan Megamas Saat Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 702–711. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36506

Lestari, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga , Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt . Globat Jet Express ( J & T ) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8 no 7 (20, 10.

Malonda, E. K., Massie, J. D. D., & Gunawan, E. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Geprek Bensu Di Kta Manado Pada Masa Pandem Covid-19. Emba, 9(2303–1174), 4.

Mulyani, O., & Hermina, N. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Peningkatan. Jurnal Ekonomak Vol. 9 No. 3 Desember 2023|13, 11(1), 132–145.

Nugraha, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Type C Kabupaten Kebumen. JURNAL ILMIAH EKONOMI GLOBALMASA KINIVOLUME 11No. 02Desember2020, 11(02), 97–102.

Pasaribu, V. L. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Business Management Journal, 18(1), 37. https://doi.org/10.30813/bmj.v18i1.2829

Siti Romelah, D. U. W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 11 (11), 6(3). https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220

Suhikmat, N. H. dan M. (2021). Pengaruh Perputaran Kas , Perputaran Piutang dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Laba Sebelum Pajak PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. Jurnal Akuntansi FE-UB, 15(2).

Syamnarila, A. P., Efendi, A., & Abdullah, W. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Charles & Keith Mall Ratu Indah Makasar. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 3(3), 15–25.

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.258

Utomo, K. E., Susena, K. C., & Yustanti, N. V. (2023). The Influence Of Product Quality , Price And Service On Customer Satisfaction At Lesehan 123 Jamik Bengkulu City Pengaruh Kualitas Produk Harga Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Lesehan 123 Jamik Kota Bengkulu. Journal of Indonesian Management, 3(3), 343–358.

Wicaksono, S. Y. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanaan Terhadap Keputusan Pembelian Tiki Di Surabaya. … Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(7), 1–18. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3100

Yanti, S., Lukita, C., & Astriani, D. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 284–303.

Downloads

Published

2025-01-01

Issue

Section

Articles