Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Toko Dimalsa Kabupaten Majalengka

Authors

  • Gina Nurmaolida Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon
  • Rohmatul Fawaiz Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon
  • Hartanto Halim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.70052/juma.v2i4.805

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Toko Ritel

Abstract

Perekonomian saat ini berkembang sangat pesat, Seiring dengan pertumbuhan perekonomian usaha ritel semakin banyak daitemui sehingga konsumen lebih sering berbelanja di toko ritel untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Tidak hanya di kota-kota besar saja, usaha ritel modern sudah masuk ke tingkat Kecamatan-Kabupaten, termasuk di Kabupaten Majalengka Kecamatan Bantarujeg sudah banyak berdiri perusahaan-perusahaan ritel modern. Salah satunya Perusahaan ritel Toko Dimalsa yang berdiri sejak tahun 2018 di Jalan Talaga-Bantarujeg, Majalengka. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loylitas Pelanggan pada toko Dimalsa, sebuah toko di Kabupaten Majalengka. Metode peneliti yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden dengan rentan usia 17-40 tahun, yang diperoleh menggunakan Accidental Sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Hrga memiliki pengaruh secara parsial terhadap Loyalitas pelanggan, namun tidak dengan Kualitas Pelayanan. Secara Simultan harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dengan demikian toko Dimalsa harus mempertimbangkan harga dan memperbaiki kualitas pelayanan dalam srateginya untuk meningkatkan loyalitas Pelanggan.

 

The economy at that time was growing very rapidly, along with the growth of the economy, more and more retail businesses were found so that consumers shopped more often at retail stores to meet their needs. Not only in big cities, modern retail businesses have entered the District level, including in Majalengka Regency, Bantarujeg District, many modern retail companies have been established. One of them is the Dimalsa Store retail company which was established in 2018 on Jalan Talaga-Bantarujeg, Majalengka. This researcher aims to determine how much influence Price and Service Quality have on Customer Loyalty at the Dimalsa store, a shop in Majalengka Regency. The research method used is quantitative. The sample used in this study was 96 respondents with an age range of 17-40 years, which was obtained using accidental sampling. The results of this study indicate that Price has a partial influence on Customer Loyalty but not on Service Quality. Simultaneously, price and service quality have an influence on customer loyalty.  Thus, Dumalsa Dimala store must consider price and improve service quality in its strategy to increase customer loyalty.

References

Agiesta, D., Putra, R. D., & Hamzah, M. L. (2021). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 112–120.

Agussalim Manguluang. (2015). Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang

Anggraini, R., & Budiarti, M. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di toko retail. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 45–56.

Angin, D. R., Toding, J. R., & Massie, J. D. D. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1), 214–225.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Rineka Cipta. Dalam Bago, dkk. (2022).

Bago, dkk. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Cahyo, A. A., Santoso, B., & Lestari, N. (2022). Analisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 7(3), 155–167.

Chaniago, H. (2021). Manajemen Ritel: Strategi dan Pengelolaan Usaha Ritel Modern. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Halizah, N., Ramadhani, R., & Fitriani, R. (2022). Perkembangan bisnis ritel modern di era digital. Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital, 3(1), 21–30.

Insani, A. F., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Indonesia, 20(1), 45–58.

Laurencia, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Honda Beat di Surabaya. Skripsi. Universitas Kristen Petra.

Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.212

Noersanti, T. H., & Alfian, R. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada perusahaan jasa. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 97–105.

Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (1994). Psychometric Theory (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.

Qahfi, M. N., & Siregar, H. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 11(2), 134–142.

Regiasa, A. (2022). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada industri ritel. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 6(4), 321–330.

Sanusi, A. (2017). Metode observasi dalam penelitian sosial. Dalam Sesaria, dkk. (2020).Sesaria, dkk. (2020). Teknik pengumpulan data dalam penelitian sosial.

Sesaria, M. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Setiawan, D., & Puspitadewi, Y. (2022). Kualitas pelayanan dan harga sebagai determinan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(1), 15–22.

Sholikhah, R., & Hadita, R. (2023). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan di era pandemi. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 10(1), 88–96.

Siahaan, J. (2021). Analisis Pengaruh Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan di PT. KK. Sistemik: Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik, 9(1), 14-22.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian. Bandung: Alfabeta.

Umar, H. (2019). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Yuniarti, A., Prasetyo, B., & Fitriana, D. (2023). Hubungan harga terhadap loyalitas pelanggan pada ritel lokal. Jurnal Bisnis dan Manajemen Retail, 5(1), 1–10.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles